Sukses Konser di Jakarta, Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah

Sukses Konser di Jakarta, Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah

Jakarta – Sukses menggelar konser di Jakarta, pada Rabu (15/11), grup band asal Inggris Coldplay turut memberikan donasi berupa kapal pembersih sampah. Donasi ini, sebagai bentuk ucapan Chris Martin cs atas sambutan meriah para penggemarnya di Indonesia.

Sebelumnya, Coldplay yang telah bekerja sama dengan organisasi non-profit di bidang lingkungan hidup, The Ocean Cleanup telah memberikan donasi kapal pembersih sampah serupa kepada Malaysia dengan nama Neon Moon I.

Baca juga: Manggung di GBK, Coldplay Bawa Pesan ‘Kemerdekaan’ Palestina 

Dilansir, akun Instagram @theoceancleanup, kapal pembersih sampah tersebut bernama Interceptor 020 alias Neon Moon II.

“Coldplay terus mendukung misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan dari plastik dengan mengadopsi Interceptor kedua mereka, Interceptor 020 alias Neon Moon II, yang akan ditempatkan di Sungai Cisadane,” tulis @theoceancleanup, seperti dikutip Jumat, 17 November 2023.

Pemberian donasi kapal tersebut sebagai komitmen Coldplay dalam memperbaiki kerusakan lingkungan. Ocean Cleanup sendiri merupakan organisasi yang mengembangkan teknologi dalam melakukan pembersihan sampah plastik di perairan.

Adapun kapal Neon Moon yang disumbangkan Coldplay akan digunakan di kawasan Asia Tenggara. Di mana, ditargetkan untuk membersihkan sekitar seribu sungai di seluruh dunia.

Baca juga: Korban Rugi Rp312 Juta, Polisi Ciduk Penjual Tiket Fiktif Coldplay 

"Sangat menyenangkan bagi kami untuk melibatkan Coldplay dan bekerjasama memberikan dampak besar melawan polusi plastik di Asia," kata Boyan Slat, founder dan CEO The Ocean Cleanup dalam website resmi mereka.

Ia berharap, Kapal Neon Moon II dapat menanggulangi sekitar 1.000 ton plastik di Sungai Cisadane yang mungkin akan sampai ke Laut Jawa setiap tahunnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News