Suatu Perusahaan Dapat Dikatakan Mengalami Krisis jika Terjadi Hal Ini

Suatu Perusahaan Dapat Dikatakan Mengalami Krisis jika Terjadi Hal Ini

Jakarta – Nexus Risk Mitigation & Strategic Communication menyebutkan, bahwa krisis yang muncul di sebuah perusahaan dapat dipastikan akan membahayakan dan mengancam perusahaan tersebut dari sisi citra, reputasi, dan stabilitas keuangan.

Hal itu diungkapkan oleh CEO Nexus Risk Mitigation & Strategic Communication, Dr. Firsan Nova dalam Talkshow dengan tema ‘How To Manage Crisis Communication In Banking Industry’ yang digelar Infobank Digital bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), Selasa, 12 September 2023.

Baca juga: Strategi Komunikasi jadi Hal Penting Redam Krisis di Industri Perbankan

“Apasih krisis itu? apa saja yang dapat membahayakan atau mengancam? satu image, kedua reputasi, ketiga financial stability,” ucap Firsan.

Meski begitu, dirinya menjelaskan bahwa, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan mengalami krisis jika tidak membahayakan atau mengancam ketiga faktor tersebut, melainkan hanya perlu sebuah issue management.

“Ada netizen yang bicaranya tidak enak, kemudian viral begitu ya, oke kemudian lihat salesnya aman apa engga, lihat ada shifting konsumen atau engga, kalau semuanya aman itu bukan krisis, itu hanya perlu isu managemen,” imbuhnya.

Namun menurutnya, issue manajemen juga perlu dijaga yakni dari segi manajemen risikonya terkait dengan good corporate governance (GCG) dan kualitas pelayanan, serta kualitas produk yang baik.

Baca juga: Membangun Manusia (Pemimpin) Berkarakter

“Maka kalau misalnya krisis ini tidak akan terjadi kalau seandainya issue manajemen bagus, risk managementnya bagus, ya risk management GCG-nya pasti bagus service quality, produk quality, itu semua bagus,” ujar Firsan.

Hanya saja, Firsan tetap mewanti-wanti seluruh perusahaan khususnya industri perbankan, jika issue managementnya sudah terjaga dengan baik masih ada isu dari publik yang diperkirakan dapat mengancam suatu perusahaan. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News