Strategi GOTO Percepat Target Profitabilitas di 2023

Strategi GOTO Percepat Target Profitabilitas di 2023

Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah mengumumkan bahwa perseroan mempercepat target pencapaian profitabilitasnya, dimana target EBITDA yang disesuaikan perseroan akan positif pada kuartal IV-2023.

Direktur Utama Grup GOTO, Andre Soelistyo, mengatakan bahwa margin kontribusi grup juga ditargetkan untuk positif pada kuartal IV-2023 atau empat kuartal lebih cepat dibandingkan dengan target yang disampaikan pada pedoman sebelumnya.

“Kini, setelah mencapai skala yang begitu besar, perseroan harus menempuh langkah baru yang memprioritaskan profitabilitas secara berkesinambungan di atas pertumbuhan pesat. Hal ini dicapai dengan terus melakukan inovasi produk yang memastikan terciptanya nilai jangka panjang bagi GoTo dan para pemangku kepentingan,” ucap Andre dikutip, 17 Februari 2023.

Target pencapaian profitabilitas yang baru ini, akan membawa perseroan sangat dekat mencapai arus kas operasional positif. Hal ini merupakan hasil dari rencana strategis GoTo yang meliputi optimisasi pendapatan, pengelolaan beban usaha, serta pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi.

Untuk langkah optimasi pendapatan, perseroan akan mencakup eksplorasi peluang untuk optimalisasi struktur komisi di unit bisnis On-Demand Services dan E-Commerce meliputi pengembangan bisnis dengan margin pendapatan lebih tinggi, seperti iklan, layanan transportasi premium, serta produk pinjaman yang terus dikembangkan.

Dalam pengolaan beban usaha, perseroan akan menganalisis secara menyeluruh di tiap komponen beban usaha, untuk memastikan setiap biaya yang dikeluarkan memberikan imbal hasil yang optimal yang mendukung pencapaian target profitabilitas perseroan.

Sedangkan, untuk pengembangan produk berbasis ekosistem terintegrasi, perseroan akan memanfaatkan keunggulan dari layanan On-Demand Services, E-Commerce, dan Financial Technology mampu memberikan lebih banyak solusi bagi pelanggan dan mendukung pertumbuhan berkualitas secara jangka panjang.

“Perseroan juga memiliki sumber daya manusia yang tepat, didukung oleh likuiditas yang mencukupi untuk melaksanakan rencana kami, sejalan dengan misi kami untuk membangun ekosistem teknologi paling berdampak di Indonesia, dan mampu memberi nilai positif bagi masyarakat,” imbuhnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News