Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp6,4 Triliun untuk IKN

Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp6,4 Triliun untuk IKN

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah menggelontorkan anggaran Rp6,4 triliun hingga Agustus 2023 untuk pembangunan IKN dari total pagu APBN Rp29,4 triliun di 2023.

“Belanja IKN saat ini sudah terealisasi Rp6,4 triliun, total pagu anggaran IKN 29,4 triliun. Jadi dalam hal ini Rp6,4 triliun adalah sudah 21,8 persen,” ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, dikutip, Kamis 21 September 2023.

Baca juga: Dana Untuk Pembebasan Lahan IKN SudahTembus Rp723 Miliar, Ini Rinciannya

Dia pun merinci, anggaran sebesar Rp4,7 triliun dari pagu Rp26,5 triliun untuk realisasi klaster infrastruktur yaitu di belanjakan untuk, pembangunan istana negara dan kawasan inti pusat pemerintahan, kawasan pemukiman untuk ASN, pembangunan jalan tol IKN.

Selanjutnya, untuk pembangunan jembatan Pulau Balang Bentang Pendek, pembangunan Bendungan Sepaku Semoy, serta penanganan banjir sungai Sepaku dan pengendalian banjir DAS sungai Sanggai, Pamaluan, Saluang dan Tengin.

Sementara itu, realisasi klaster non infrastruktur sebesar Rp1,6 triliun dari pagu Rp3 triliun adalah untuk kordinasi dan persiapan pemindahan, perencanaan pemindahan ke IKN, rekomendasi kebijakan pada KL (Kementerian/Lembaga), kegiatan pemetaan, pemantauan dan evaluasi, dukungan pengamanan POLRI, serta operasional OIKN.

Baca juga: OIKN Bujuk Brunei Berinvestasi di IKN, Ini Tujuannya

“Pemindahan sudah selesai tahun ini 2023 ada anggaran Rp29,4 triliun yang baru terealisir Rp6,4 triliun dan tahun depan telah disediakan Rp40,6 triliun untuk mempersiapkan IKN sehingga bisa melakukan kepindahan pada Agustus,” ungkapnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News