Sosok Lana Soelistianingsih, Wakil Ketua DK Komisioner yang Raih Penghargaan Infobank Most Outstanding & SOE Women 2024

Sosok Lana Soelistianingsih, Wakil Ketua DK Komisioner yang Raih Penghargaan Infobank Most Outstanding & SOE Women 2024

Jakarta— Lana Soelistianingsih, Wakil Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) meraih penghargaan sebagai wanita paling berpengaruh dan inspiratif di ajang “Infobank Most Outstanding & SOE Women 2024”.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Chairman Infobank Group Eko B. Supriyanto kepada dirinya di Hotel Stones, Kuta Bali, pada Jumat (31/5/2024).

Lana Soelistianingsih merupakan jebolan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, USA dan meraih gelar Master of Economic Development.

Di tahun selanjutnya, Lana melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI hingga mendapatkan gelar Doktor di bidang Ekonomi.

Baca juga: Pesan Direktur BCA Vera Eve Lim: If I’m Successful, It Means Others Have To Be Successful Too

Sebelumnya, ia telah merintis karir di PT Samuel Sekuritas Indonesia pada September 1996. Di tahun 2003, ia menjabat sebagai asisten peneliti untuk Boston Institute of Economic Development (BIDE) di Lexington, MA, USA. Memasuki 1 Oktober 2013, Lana diangkat menjadi direktur, sekaligus sebagai Kepala Riset dan Ekonom di PT Samuel Aset Manajemen (SAM).

Selain berkarier di SAM, Lana juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sejak 1991.

Pada 2020, Lana diangkat sebagai Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif LPS melalui Keputusan Presiden RI No. 10/M/2020 tanggal 13 Februari 2020.

Lana merupakan salah satu wanita yang kerap menyuarakan pentingnya mengelola keuangan di kalangan kaum hawa. Ia sempat beberapa kali ditunjuk menjadi pembicara dalam seminar maupun talkshow terkait literasi keuangan dan pemberdayaan UMKM oleh wanita.  

Terakhir, ia menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Literasi dan Edukasi Keuangan yang gelar OJK dan Infobank Media Group di Tabanan, Bali, Jumat, pada 31 Mei 2024.

Baca juga: Friderica Widyasari, Nicke Widyawati, Destry Damayanti dan Sejumlah Wanita Pilihan Dianugerahi Infobank Most Outstanding Women 2024

Menurutnya, sebagai bendahara keluarga, perempuan harus pandai mengelola keuangan demi masa depan anggota keluarga. Untuk memberikan edukasi kepada kaum perempuan ia banyak menyarankan manfaat menabung, deposito, membangun UMKM.

Kemudian, memilih investasi di instrumen perbankan yang menguntungkan dan aman karena dijamin pemerintah melalui LPS. Kehadiran LPS di sektor keuangan memberikan jaminan dan keyakinan kepada nasabah bahwa menyimpan uang di bank akan aman. (*) Ranu Arasyki Lubis

Related Posts

News Update

Top News