Sompo Insurance Diganjar Predikat “Sangat Bagus” di Infobank Insurance Awards 2020

Sompo Insurance Diganjar Predikat “Sangat Bagus” di Infobank Insurance Awards 2020

Jakarta – PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Indonesia) menunjukkan kinerja yang gemilang pada tahun 2019, dengan meraih predikat “Sangat Bagus” dalam Infobank Insurance Awards 2020, di mana pada tahun sebelumnya perusahaan juga meraih predikat yang sama dalam penghargaan tahun lalu.

PT Sompo Insurance Indonesia yang termasuk anggota dari Sompo Holdings ini mencatatkan kenaikan jumlah premi bruto sebesar 6,92% yoy, dan hasil investasi sebesar 22,79% yoy per Desember 2018-2019.

Kemudian, perusahaan asuransi yang memiliki slogan brand “Innovation for Wellbeing” ini mencatatkan pertumbuhan dari Rp26,48 miliar pada 2018 menjadi Rp111,94 miliar pada 2019. Begitu pula dengan total asetnya yang naik dari Rp3,17 triliun pada 2018 ke Rp3,77 triliun pada 2019. Dengan peraihan kinerja cukup kinclong ini, maka Sompo Indonesia mendapatkan total skor 85,64.

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil kajian Biro Riset Infobank bertajuk “Rating 105 Asuransi Versi Infobank 2020”. Rating didasarkan pada kinerja perusahaan asuransi (audited) dua tahun terakhir, yakni tahun 2018 dan 2019.

Dalam rating asuransi ini, Biro Riset Infobank mengelompokkan asuransi jiwa dan asuransi umum berdasarkan pendekatan premi bruto.

Adapun rasio-rasio yang digunakan dalam rating ini yakni rasio kecukupan modal (risk based capital/RBC), likuiditas, aset, kecukupan investasi, pertumbuhan premi bruto, pertumbuhan modal sendiri, premi bruto dibanding rata-rata modal sendiri, perimbangan hasil investasi dengan pendapatan premi neto, beban dibanding pendapatan premi neto, laba/rugi, premi retensi sendiri dibanding modal sendiri, dan hasil underwriting dibanding premi neto.

Berdasarkan penilaian sejumlah rasio keuangan tersebut, perusahaan asuransi yang berhasil meraih total nilai di 81% ke atas mendapat predikat “Sangat Bagus”. Perusahaan peraih predikat “Sangat Bagus” inilah yang dianugerahi penghargaan oleh Infobank.

Selain meraih penghargaan tahunan “Infobank Insurance Awards 2020”, dari 46 perusahaan asuransi tersebut, ada 5 perusahaan asuransi berhasil meraih Golden Trophy dan 5 perusahaan asuransi berhasil meraih Platinum Trophy, serta 7 perusahaan asuransi berhasil meraih Special Awards. (*) Steven

Related Posts

News Update

Top News