Soal Pengganti Ketua KPU, Jokowi: Keppres Belum Masuk ke Meja Saya

Soal Pengganti Ketua KPU, Jokowi: Keppres Belum Masuk ke Meja Saya

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, hingga kini dirinya belum menerima berkas terkait pemberhentian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Menurutnya, berkas tersebut saat ini masih dalam proses.

“Keppres belum masuk ke meja saya,” katanya, dalam keterangannya usai mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, dikutip, Jumat, 5 Juli 2024.

Terkait keputusan DKPP yang mencopot Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, Jokowi menghormati keputusan DKPP terkait hal tersebut.

“Pemerintah menghormati kewenangan DKPP dalam memutuskan itu,” jelasnya.

Ia menegaskan, pemerintah akan terus mengawal proses Pilkada yang akan datang. Hal tersebut penting untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan adil bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pemerintah juga akan memastikan bahwa Pilkada tetap berjalan dengan baik, lancar nantinya, jujur, dan adil,” ucap Presiden.

Sebelumnya, DKPP menyatakan Hasyim Asy’ari bersalah karena terbukti melakukan asusila kepada anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah Den Haag, Belanda.

DKPP pun memberhentikan Hasyim sebagai ketua dan anggota KPU dalam putusan yang dibacakan pada sidang putusan terbuka, Rabu (03/07/2024. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News