SMI Gandeng PLN dan AIIB Percepatan Transisi Energi di RI

SMI Gandeng PLN dan AIIB Percepatan Transisi Energi di RI

Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dalam rangka mendukung percepatan transisi energi di Indonesia

Penandatangan tersebut dilakukan pada Selasa (26/9) di Sharm El-Sheikh, Mesir dan disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu.

Kerja sama antara PT SMI, PLN, dan AIIB tersebut memiliki tujuan untuk memfasilitasi transisi Indonesia dari sumber energi konvensional ke sumber energi alternatif terbarukan dan berkelanjutan.

Baca juga: Pemerintah Indonesia Didorong Terapkan Prinsip Keadilan dalam Transisi Energi

Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad mengatakan, bahwa kemitraan antar pemangku kepentingan diperlukan untuk bersama-sama mendorong transisi energi di berbagai sektor kerja sama, antara lain sosial, lingkungan, teknologi, dan pembiayaan.

“Melalui upaya bersama ini, kami yakin dalam waktu dekat, kita dapat memiliki energi bersih yang berkelanjutan, adil, dan terjangkau,” ucap Edwin dalam keterangan resmi dikutip, 27 September 2023.

Selanjutnya, Presiden AIIB, Jin Liqun, menegaskan bahwa, sebagai climate bank, AIIB akan memastikan klien utama seperti Indonesia akan menjadi yang terdepan dalam transisi energi ramah lingkungan.

“Melalui kerja sama dengan para pegiat energi utama di Indonesia, AIIB berencana untuk membuka dan memobilisasi modal tambahan untuk meningkatkan akses energi ramah lingkungan ke negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara,” ujar Jin Liqun dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa dukungan pembiayaan tentu sangat penting untuk mendukung percepatan transisi energi di Indonesia.

“Kemitraan ini tentu dapat mewujudkan komitmen PLN dalam upaya meningkatkan porsi energi terbarukan ke bauran energi di Indonesia,” tambah Darmawan.

Baca juga: Mempercepat Transisi Energi yang ‘Adil’ di Kawasan Asean

Adapun, PT SMI, AIIB, dan PT PLN akan menjajaki peluang untuk persiapan proyek, knowledge-sharing, capacity-building, dan bantuan teknis di bidang transisi energi.

Dengan saling memanfaatkan keahlian teknis dan sumber daya keuangan masing-masing, ketiga institusi sepakat untuk mempercepat penerapan teknologi energi ramah lingkungan dan berkontribusi terhadap masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi Indonesia dan dunia. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News