SMF Gandeng Bank Dinar, Tekan Backlog Rumah di Lombok

SMF Gandeng Bank Dinar, Tekan Backlog Rumah di Lombok

Jakarta – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menyediakan fasilitas penyaluran pembiayaan perumahan kepada PT Bank Perekonomian Rakyat Syariah Dinar Ashri atau Bank Dinar senilai Rp50 miliar untuk mendukung program Pemerintah dalam menekan backlog pemilikan rumah di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Unit Usaha Syariah (UUS) SMF, Leo Khadafi, mengatakan bahwa, kerja sama tersebut menjadi bagian dari rencana strategis PT SMF, sejalan dengan peran dan fungsinya Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan dalam mendukung upaya pemenuhan hunian baik di sisi supply dan demand.

Baca juga: Backlog Perumahan Tembus 12,7 Juta, Menkeu Desak Perbankan Promosikan KPR Hijau

“Kali ini kami bermitra dengan Bank Dinar yang merupakan BPRS terbesar di Provinsi NTB untuk memfasilitasi pembiayaan perumahan secara end-to-end dimulai dari pembiayaan bagi developer untuk pembangunan rumah, KPR Syariah untuk pemilikan rumah, serta renovasi rumah dan pembiayaan mikro terkait perumahan,” ucap Leo dalam keterangan resmi di Jakarta, 22 September 2023.

Di samping itu, Leo juga berharap kerja sama tersebut dapat meningkatkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di daerah, sehingga dapat membantu masyarakat yang memang membutuhkan dan belum memiliki hunian.

“Nantinya masyarakat Lombok dapat mengakses berbagai manfaat yang tersedia dalam fasilitas pembiayan perumahan ini, mulai dari pembiayaan konstruksi perumahan, pembelian rumah, renovasi rumah, hingga kebutuhan pembuatan sanitasi serta saluran air bersih untuk tempat tinggal warga,” imbuhnya.

Adapun, Direktur Utama Bank Dinar, Mustaen, menyatakan bahwa, Bank Dinar berkomitmen dalam memberikan perhatian lebih untuk mendukung sektor properti secara masif melalui berbagai program yang diperuntukan baik langsung kepada masyarakat maupun pembiayaan kepada pengemban.

Baca juga: Utang Paylater Bikin Anak Muda Sulit Ambil KPR, Begini Solusinya!

“Kami berharap sinergi ini bisa menjawab kebutuhan serta memfasilitasi masyarakat dalam hal memiliki rumah hunian yang layak dan meningkatkan kualitas masyarakat di wilayah NTB, dan ke depannya sinergi antara Bank Dinar dan SMF semakin solid dan membuka potensi pembiayaan yang lebih besar,” ujar Mustaen dalam kesempatan yang sama.

Selain dari pembiayaan KPR Syariah, Bank Dinar juga telah meluncurkan Program Pembiayaan Griya Mikro, yang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin membeli tanah, membangun rumah hingga renovasi rumah. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News