Sistem Distribusi Vaksin Dikelola Secara Terintegrasi

Sistem Distribusi Vaksin Dikelola Secara Terintegrasi

Jakarta – Kehadiran vaksin covid-19 memang sangat dinanti masyarakat untuk penanganan pandemi. Indonesia sendiri telah menerima kedatangan pertama sebanyak 1,2 juta dosis vaksin covid-19 pertama pada 6 Desember 2020, sekitar pukul 21.20 WIB lalu

Namun perlu diingat, hal itu merupakan rangkaian awal dari tahapan pelaksanaan vaksinasi, yang masih menunggu hasil evaluasi keamanan dan keampuhan dari Badan POM. Pelaksanaan vaksinasi sendiri akan dilakukan secara bertahap, yang secara teknis diatur oleh Menteri Kesehatan.

Mengutip situs satgas penanganan covid-19, distribusi vaksin covid-19 akan dikelola pemerintah melalui dashboard data yang terintegrasi dengan Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), termasuk dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Dalam perencanaan pelaksanaan vaksinasi ada banyak faktor yang dipertimbangkan, salah satunya terkait dengan daerah yang diprioritaskan.

Berbagai informasi tahapan pelaksanaan vaksin covid-19 sendiri nantinya akan disampaikan secara bertahap melalui juru bicara yang sudah ditentukan.

Pemerintah sendiri menjamin bahwa vaksin yang nanti didistribusikan ke masyarakat adalah vaksin yang lulus semua tahapan uji klinik, sehingga aman dan efektif.

Apalagi di Indonesia, ada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang melakukan pengawasan ketat terkait produksi vaksin sampai dinyatakan aman, dan imunisasi dilakukan kepada masyarakat luas. (*)

Related Posts

News Update

Top News