Sinergi OJK, Asosiasi, dan Pelaku Industri Fintech Perkuat Ekosistem Ekonomi Digital RI

Sinergi OJK, Asosiasi, dan Pelaku Industri Fintech Perkuat Ekosistem Ekonomi Digital RI

Jakarta – Sebagai langkah bersama untuk memperkuat industri fintech dan ekosistem ekonomi digital Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama AFTECH dan AFSI serta pelaku industri kembali bersinergi melalui pelaksanaan Bulan Fintech Nasional (BFN) dan The 5th Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2023.

Deputi Komisioner Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto, OJK, Moch. Ihsanuddin mengatakan bahwa penyelenggaraan Bulan Fintech Nasional 2023 tersebut bertujuan memperluas peran positif dari industri fintech, sehingga perusahaan fintech harus terus melakukan kolaborasi lintas sektor.

Baca juga: Bukan Hanya Konsumtif, Ini Bukti Fintech P2P Lending Sokong UMKM

“Selain dengan lembaga jasa keuangan, fintech diharapkan juga dapat menjalin sinergi dengan beberapa pihak di antaranya Pemerintah termasuk OJK, Bank Indonesia dan Kemenkeu maupun Lembaga Pendidikan dan Penelitian dalam rangka memperluas jangkauan layanan mereka, meningkatkan inovasi, dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan,” ucap Ihsanuddin dalam Media Gathering BFN dan IFSE 2023 di Jakarta, 1 November 2023.

Sekretaris Jenderal AFTECH, Budi Gandasoebrata menambahkan bahwa BFN dan IFSE 2023 merupakan media untuk berdialog antara regulator dan industri, serta menjadi platform bagi para pelaku industri fintech untuk menampilkan inovasi produknya.

“Sebagai asosiasi yang resmi ditunjuk oleh OJK untuk menaungi penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD), ajang Bulan Fintech Nasional dan 5th Indonesia Fintech Summit and Expo juga menjadi upaya AFTECH memperkenalkan fintech IKD untuk berkolaborasi dengan lembaga jasa keuangan lain atau dengan perusahaan secara umum,” ujar Budi dalam kesempatan yang sama.

Sementara, Ketua Umum AFSI, Ronald Yusuf Wijaya, sebagai salah satu mitra penyelenggara, menyambut antusias BFN dan 5th IFSE 2023 yang dinilai dapat menghasilkan gagasan-gagasan signifikan, khususnya untuk mengoptimalkan potensi industri fintech syariah di Indonesia.

“Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat ekonomi syariah berbasis fintech yang memberikan akses keuangan kepada masyarakat,” tambah Ronald.

Baca juga: OJK Beberkan Nasib 29 Fintech Lending yang Masih Kurang Modal

Adapun, BFN dan 5th IFSE 2023 akan diawali dengan momentum Hari Fintech Nasional yang jatuh pada 11 November, di mana BFN akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dari 11 November hingga 12 Desember 2023 melalui platform virtual www.bulanfintechnasional.com, sehingga diharapkan dapat diakses dan diikuti dengan mudah oleh masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

Nantinya, sepanjang periode tersebut masyarakat diharapkan mendapatkan pemahaman mendalam terkait penggunaan fintech dengan potensi risikonya, tips dan trik penggunaan produk dan layanan fintech yang tepat guna untuk individu dan UMKM, serta memberikan kesempatan talenta digital muda Indonesia untuk mengembangkan karier melalui program virtual job fair yang disajikan dalam platform virtual yang sama. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News