Keuangan

Sinar Mas dan Lazada Resmi jadi Pemegang Saham DANA

Jakarta – Perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital DANA sebagai platform pembayaran dan layanan keuangan, mengumumkan terkait penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan salah satu perusahaan e-Commerce terkemuka, Lazada Group.

Dengan didukung oleh investor lokal dan regional, bersama dengan dukungan berkelanjutan dari EMTEK Group dan Ant Group, DANA berada di posisi yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan platform ekosistem terbuka yang mampu menopang pesatnya digitalisasi di Indonesia.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia, Vince Iswara, meyakini bahwa dengan bergabungnya Sinar Mas dan Lazada Group sebagai pemegang saham akan memberikan banyak nilai strategis kepada investor dan dapat mewujudkan visi DANA untuk masyarakat non-tunai Indonesia yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang tinggi.

“Dukungan yang diberikan oleh semua pemegang saham tentu akan memperkuat DANA, seiring kami terus meningkatkan layanan keuangan digital yang DANA berikan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dalam mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami juga percaya investasi ini merupakan bagian dari pengembangan bisnis yang akan mempersiapkan DANA untuk fase pertumbuhan selanjutnya,” ucap Vince dalam keterangannya di Jakarta, 11 Agustus 2022.

Selain itu, Chairman PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, Franky Oesman Widjaja optimistis dengan adanya kolaborasi strategis antara Sinar Mas dan Dana akan membawa nilai tambah bagi ekosistem digital Sinar Mas.

“Kolaborasi antara DANA dan berbagai lini usaha Sinar Mas pada akhirnya akan mendorong akselerasi digital di Indonesia. Kami sangat menantikan kolaborasi dengan DANA untuk membawa dampak positif terhadap digitalisasi bisnis di Indonesia, khususnya bagi inklusi keuangan untuk setiap masyarakat Indonesia,_ ujar Franky.

Menanggapi hal tersebut, CEO Lazada Group dan Lazada Indonesia, James Dong, mengatakan bahwa dengan peningkatan akses layanan keuangan dan penyediaan opsi pembayaran yang lebih luas adalah pengembangan yang sangat penting. Sehingga, investasi Lazada di DANA merupakan langkah strategis ke arah yang tepat.

“Meskipun Lazada tetap berfokus pada eCommerce, kami melihat Lazada memegang peranan penting dalam membangun infrastruktur teknologi, logistik, dan infrastruktur pembayaran yang akan menguntungkan Asia Tenggara untuk jangka panjang. Investasi kami di DANA merupakan langkah strategis ke arah yang tepat,” imbuh James.

DANA berkomitmen untuk terus menjadi platform ekosistem yang terbuka dalam penyediaan solusi pembayaran dan layanan keuangan berbasis gaya hidup, karena itu diperlukan untuk mencapai inklusi keuangan yang lebih masif. Ditopang oleh strategi yang terbuka, dan DANA diperkirakan akan bertumbuh lebih dari dua kali lipat di total volume pembayaran atau nilai transaksi bruto pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

Baca juga : Inovasi Pengembagan Digital jadi Strategi Sinar Mas MSIG Life 

Diketahui, DANA kini telah memiliki lebih dari 115 juta pengguna di seluruh Indonesia. DANA juga menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi di kategori Keuangan (Finance) yang paling banyak diunduh di Indonesia pada tahun 2021 lalu dan sejak diluncurkan pada akhir tahun 2018 DANA berhasil dan terus berkembang dalam menyediakan solusi transaksi digital holistik yang aman, mudah, dan nyaman. (*) Khoirifa

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

2 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

3 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

9 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

10 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

23 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

24 hours ago