Siap Mundur dari Menko Polhukam, Segini Kekayaan Mahfud MD

Siap Mundur dari Menko Polhukam, Segini Kekayaan Mahfud MD

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD dikabarkan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju.

Kabar tersebut disampaikan langsung Mahfud MD saat menjawab pertanyaan seorang warga di Semarang, soal rencana pengunduran dirinya dalam acara Tabrak Prof!.

“Saya pada saatnya yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri (dari Menko Polhukam secara baik-baik,” jawab Mahfud dikutip Rabu, 24 Januari 2024.

Dia juga menegaskan, pada selepas penutupan debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dirinya menyatakan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi telah memberikan amanah pada 4,5 tahun lalu menjadi menko polhukam.

“Saya percaya dia (Pak Jokowi) punya niat baik untuk rakyat ketika mengangkat saya sebagai menko polhukam. Dan saya membantunya. Dan sekarang pun saya bersedia bersama mas Ganjar untuk melanjutkan tugas-tugas, karena menurut saya Pak Ganjar adalah calon presiden yang betul-betul pro rakyat,” ujarnya.

Baca juga: Diangkat Erick Thohir jadi Komut Pindad, Segini Kekayaan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Mahfud MD pun mengaku sudah sepakat dengan Ganjar Pranowo soal pengunduran dirinya sebagai menko polhukam.

Terlepas dari niat Mahfud MD yang mundur dari jabatan menko polhukam, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini, ternyata memiliki kekayaan yang cukup fantastis.

Kekayaan Mahfud MD

Dikutip dari laman e-LHKPN, Mahfud MD tercatat rutin melaporkan harta kekayaanya kepada KPK. Terbaru disampaikan Mahfud MD pada 31 Maret 2023 untuk periodik 2022.

Berdasarkan LHKPN terbaru tersebut, Mahfud MD mempunyai total harta kekayaan Rp29.546.144.117.

Rinciannya, Mahfud MD memiliki keseluruhan 15 harta tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah daerah. Di antaranya di Sleman, Pamekasan, Jakarta, dan Surabaya yang bernilai Rp12 miliar.

Selain itu, Mahfud MD melaporkan harta kekayaan dalam bentuk alat transportasi dan mesin dengan total nilai Rp1,5 miliar.

Baca juga: Segini Kekayaan Arsul Sani, Hakim MK Baru yang Dilantik Jokowi

Adapun jenis kendaraan yang dimilikinya adalah Toyota Avanza Veloz 2012, Toyota Vios 2013, Toyota Camry 2017, serta Toyota Alphard 2018.

Mahfud MD juga memiliki total nilai harta bergerak lainnya sebesar Rp180.500.000. Lalu, harta dalam bentuk kas dan setara kas senilai Rp15.802.328.117.

Jika ditotal secara keseluruhan, kekayaan Mahfud MD mencapai Rp29.546.144.117. (*)

Related Posts

News Update

Top News