Shell Eco-Marathon Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih dari 80 Tim Pelajar Mancanegara

Shell Eco-Marathon Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih dari 80 Tim Pelajar Mancanegara

Jakarta – Shell Indonesia kembali akan menggelar Shell Eco-Marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 pada 2-6 Juli 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah kompetisi mobil hemat energi untuk ketiga kalinya sejak tahun 2022.

Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia menjelaskan, lebih dari 80 tim pelajar dari 12 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah akan berpartisipasi dalam program berskala regional ini.

“Lebih dari 40 tim pelajar dari Indonesia telah terdaftar untuk mengikuti kompetisi ini,” jelas Susi Hutapea dalam konferensi pers di Jakarta, 11 Juni 2024.   

Sedangkan tim lainnya berasal dari Arab Saudi, Brunei Darussalam, Filipina, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.

Baca juga: Shell Indonesia Kenalkan Pelumas Baru untuk Industri Tenaga Listrik

Lebih jauh Susi menjelaskan, dalam proses pemilihan tim yang berlaga dalam kompetisi ini cukup panjang. Penilaiannya melibatkan tim independen yang sudah berpengalaman di bidangnya.

“Ada tiga aspek yang dinilai oleh tim yang benar-benar independen, mulai dari teknis kendaraan hingga logistic and operation. Nanti di sirkuit, para peserta juga akan mengalami 13 acception pont, setelah itu baru berlaga,” jelasnya.

Sementara, ada dua kategori yang diperlombakan Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, yakni kendaraan Urban Concept dan Prototype.

“Kalau sumber energi yang digunakan dibagi jadi tiga subkategori, mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (bensin, solar atau etanol), baterai elektrik, dan sel bahan bakar hidrogen,” ujarnya.

Program Shell Eco-marathon ini, kata Susi, bisa mewujudkan semangat generasi muda untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan teknologi yang dapat mendorong efisiensi.

“Spirit dari Shell menciptakan wadah kreativitas. Ini satu-satunya platform kelas dunia yang bisa kita hadirkan untuk genrasi muda Indonesia. Kami minta mahasiswa untuk berinovasi dan jangan ragu-ragu untuk menyebarkannya secara aktif,” jelasnya.

Dua tim Indonesia, Tim Arjuna Universitas Indonesia (UI) dan Tim Bumi Siliwangi 2 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), akan kembali bertanding di Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East.

Berhasil menempati posisi keempat regional championship tahun 2023, Tim Arjuna UI akan berkompetisi di kategori Urban Concept dengan subkategori baterai elektrik tahun ini.

Tim Bumi Siliwangi 2 UPI, pemenang posisi ketiga untuk subkategori bahan bakar hidrogen pada kategori Prototype tahun 2023, akan kembali berlaga pada kategori yang sama pada bulan Juli mendatang.

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 juga menggelar berbagai rangkaian acara (side events) dalam pemberdayaan generasi muda; yaitu Shell LiveWIRE (program pengembangan wirausaha muda di bidang energi), Shell NXplorers (program pendidikan untuk generasi muda tentang critical thinking dan creative problem solving), dan Shell Indonesia Women’s Network (program diskusi dan pemberdayaan para siswa dalam menggali potensi untuk masa depan).

Baca juga: Pertama di RI, Shell Hadirkan Cairan Pendingin untuk Data Center

Shell Eco-Marathon program merupakan kompetisi inovasi global yang menantang generasi muda untuk merancang, membuat, dan menguji kendaraan hemat energi. Program ini menyatukan keahlian dan ide cemerlang dari mahasiswa seluruh dunia untuk menghadirkan solusi energi yang inovatif dan lebih bersih.

Selain itu, Shell Eco-Marathon juga telah sukses menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku industri, hingga pecinta lingkungan untuk dapat berkumpul, bertukar ide, hingga mendorong inovasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. (*)

Related Posts

News Update

Top News