Tips & Trick

Sering WFH, Redakan Leher Tegang dan Kaku Dengan Cara Ini

Jakarta – Rasa tegang dan kaku pada leher kerap kali muncul ketika terlalu lama layar komputer, laptop, maupun smartphone. Dengan kebijakan work from home akibat pandemi, interaksi sosial secara digital pun juga ikut meningkat. Otomatis, kebijakan WFH mengharuskan anda memandang layar komputer atau smartphone lebih lama. 

Lalu, bagaimana cara mencegah rasa tegang dan kaku yang bisa muncul akibat kegiatan WFH ini? Berikut ulasannya. 

1. Lakukan peregangan otot

Agar otot tidak kaku, pastikan ada melakukan peregangan setiap beberapa jam sekali. Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kaku pada leher. Peregangan dapat dilakukan dengan cara memutar pundak ke depan dan belakang. Tekan tulang belikat secara bersamaan dan perlakukan lakukan gerakan menoleh ke kiri dan kanan.

2. Kompres leher dengan air dingin atau hangat

Kemudian, anda juga bisa mengurangi rasa kaku dan tegang pada leher dengan mengompresnya menggunakan air dingin dan hangat. Untuk kompres dingin, letakkan es yang sudah diwadahi selama 24-48 jam pada bagian leher. Sama halnya dengan kompres dingin, kompres panas pun dapat memperlancar peredaran darah. Cara ini dapat mengurangi inflamasi tepat pada daerah leher yang terasa sakit. 

3. Istirahat sejenak

Jika leher terasa tegang dan kaku, anda bisa beristirahat sejenak untuk mengurangi stres. Bekerja berlebihan dapat menimbulkan stres yang menjadi sumber sakit fisik, termasuk leher kaku. Stres membuat otot leher menegang. Sebaiknya kurangi stres dengan berbagai cara yang anda sukai, seperti  mendengarkan musik dengan irama pelan, meditasi, berlibur, dan melakukan hobi.

4. Ubah posisi tidur

Selain telalu lama menatap layar komputer, posisi tidur yang salah bisa jadi salah satu penyebab leher kaku. Oleh karena itu, perhatikan kasur, bantal, serta posisi tidur agar leher tak lagi kaku. Pastikan kasur cukup padat untuk menopang tubuh, gunakan bantal leher, usahakan posisi tidur menyamping atau terlentang, dan usahakan tubuh dalam kondisi rileks sebelum beranjak tidur.

5. Jangan lupa untuk miliki asuransi kesehatan

Di tengah pandemi, anda perlu menjaga diri sendiri dan keluarga dari penyakit. Pastikan anda memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, anda tak khawatir ketika sesuatu hal terjadi. Jika anda belum memilikinya, anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu. 

Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu dapat menjadi produk terpercaya untuk anda. THIS adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan kepada karyawan dan individu. Setelah membayar premi 1 tahun, anda akan mendapatkan manfaat maksimal program THIS sebagai berikut:

  1. Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan
  2. Tidak ada batasan teritorial dan waktu
  3. Pelayanan kesehatan independen
  4. Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit
  5. Sistem pembayaran klaim berupa Penggantian Pembayaran dan Non Tunai

Dengan banyaknya manfaat asuransi ini, anda tak perlu khawatir lagi akan apa yang akan terjadi. Sehingga, anda dapat semakin produktif dengan asuransi kesehatan. Segera miliki Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu untuk perlindungan maksimal anda. (*) Evan Yulian Philaret

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Antrean IPO Turun Jelang Jokowi Pensiun, BEI Bilang Begini

Jakarta - Jumlah perusahaan antre penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek… Read More

12 mins ago

Cara OJK Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Ekonomi Masyarakat

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menunjukannya komitmennya dalam mendorong pengembangan dan penguatan industri… Read More

3 hours ago

FEB UI Anugerahi eks Gubernur BI Soedradjad Djiwandono Penghargaan Wirakarya Adhitama

Depok - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menganugerahkan penghargaan Wirakarya Adhitama kepada… Read More

3 hours ago

IHSG Ditutup Menguat, 5 Saham Ini Jadi Penopang

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami peningkatan sebesar 0,33 persen di… Read More

6 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Naik 0,33 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.532

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

6 hours ago

Rp2,84 Triliun Modal Asing Keluar RI pada Pekan Kedua Oktober 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat pada minggu kedua Oktober 2024 terjadi aliran modal asing… Read More

7 hours ago