Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Maret, Simak Ini Daftar 5 Instansi yang Kemungkinan Buka Formasi Lulusan SMA/SMK

Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Maret, Simak Ini Daftar 5 Instansi yang Kemungkinan Buka Formasi Lulusan SMA/SMK

Jakarta – Seleksi 2,3 juta calon aparatur sipil negara (CASN) baik untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2024 segera dibuka pada Maret mendatang.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan, untuk mengakomodir formasi tersebut, pelaksanaan seleksi CPNS 2024 dilakukan sebanyak tiga periode.

“BKN melaksanakan Seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak tiga periode. Pengumuman dan seleksi administrasi seleksi CPNS dan seleksi kedinasan pada periode I akan dimulai pada pekan ketiga bulan Maret 2024,” jelas Haryomo dikutip dari laman setkab, Senin, 29 Januari 2024.

Adapun pada periode II, lanjutnya, akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024. 

Di periode terakhir atau ketiga, akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Agustus 2024.

“Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023 akan melakukan sejumlah perbaikan pada Seleksi CASN Tahun 2024,” tambahnya.

Pada seleksi CPNS dan PPPK 2024, pemerintah memprioritaskan bagi lulusan baru atau fresh graduate untuk melamar.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), kuota yang disiapkan pemerintah untuk CPNS 2024 adalah sebanyak 690.000 kursi di antaranya disiapkan khusus untuk lulusan baru atau fresh graduate.

“Sebanyak 690.000 orang tersebut, 207.000 di antaranya kuota yang disiapkan untuk mengisi kursi di instansi pemerintah pusat dan 483.000 lainnya untuk instansi daerah,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Tak hanya CPNS, kata Jokowi, tahun ini pemerintah juga membuka formasi untuk PPPK sebanyak 1,6 juta orang. Jika ditotal ada 2,3 juta formasi yang dibuka CPNS 2024.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” tambah orang nomor satu di Tanah Air tersebut.

Formasi CPNS dan PPPK 2024 Lulusan SMA/SMK

Lalu, bagaimana dengan lulusan sekolah menengah atas (SMA)? Apakah ada instansi yang membuka CPNS 2024 untuk lulusan SMA?

Hingga saat ini, pemerintah memang belum mengumumkan secara resmi mengenai rincian formasi CPNS dan PPPK 2024 untuk posisi lulusan SMA/SMK.

Namun, jika berkaca pada seleksi CPNS dan PPPK sebelumnya, ada sejumlah instansi yang membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK pada 2023 lalu.

Merangkum berbagai sumber, berikut rincian instansi atau kementerian yang buka lowongan CPNS dan PPPK untuk lulusan SMA atau sederajat pada 2023

  1. Badan Intelijen Negara (BIN)

Tahun lalu, BIN membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA atau sederajat. Ini berdasarkan Lampiran XXXII KepmenPAN-RB No. 544 Tahun 2023, rincian jabatan tenaga teknis yang dibutuhkan BIN dalam CPNS 2023 terbuka  untuk lulusan SMA atau sederajat, D3, D4, S1, dan S2.

Adapun khusus untuk lulusan SMA, BIN menyediakan formasi jabatan sebagai asisten penata kelola intelijen tingkat pemula.

2. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung juga membuka lowongan formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA atau sederajat.

Melansir dari akun Instagram @biropegkejaksaan, terdapat dua formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA yang disediakan, yakni pengelolaan penanganan perkara dan penjaga tahanan.

3. Kementerian Pertanian

Kementerian yang membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA atau sederajat adalah Kementerian Pertanian. Untuk lulusan SMA, Kementerian Pertanian biasanya membuka formasi sebagai paramedik karantina hewan dan pemeriksa karantina hewan.

Dua formasi paramedik karantina hewan dan pemeriksa karantina hewan ditujukan bagi lulusan SMA sederajat, Adapun kualifikasinya SMA IPA/ SMK Pertanian/SPP Pertanian/ SPMA Pertanian

4. Kementerian Hukum dan HAM

Menukil unggahan akun Instagram @birowaikumham, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) juga membuka kesempatan untuk mendaftar CPNS 2023 bagi lulusan SMA.  

Adapun formasi lulusan SMA sederajat yang disediakan di Kemenkumham adalah penjaga tahanan atau sipir.

5. Kementerian Perhubungan

Kementerian lainnya yang membuka lowongan PPPK 2023 untuk lulusan SMK adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kala itu, Kemenhub membuka PPPK 2023 untuk SMK pada jabatan Pengawas Keselamatan Pelayaran di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Apakah 5 instansi atau kementerian tersebut bakal membuka formasi CPNS dan PPPK 2024 untuk lulusan SMA/SMK? Patut dinantikan para lulusan SMA/SMK pada Maret 2024.

Related Posts

News Update

Top News