Seleksi CPNS 2024 Dimulai Mei, Cek Cara Daftar dan Persyaratannya

Seleksi CPNS 2024 Dimulai Mei, Cek Cara Daftar dan Persyaratannya

Jakarta – Pemerintah memberikan update rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024. Terutama terkait dengan kapan pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah merencanakan untuk tahap pertama rekrutmen seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan digelar pada Mei 2024.

“Untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian, lembaga, dan pemda dapat memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan BKN,” ujar Anas seperti dikutip laman Kementerian PANRB, 15 Januari 2024.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya bersama dengan Badan Kepegawaian negara (BKN) tengah bergerak cepat membahas pelaksanaan pengadaan ASN 2024.

Oleh karenanya, Kementerian PANRB mendorong instansi pemerintah baik pusat dan daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik sehingga reformasi birokrasi berdampak dapat benar-benar terwujud.

“Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024,” ujarnya.

Baca juga: Tutorial Lengkap Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2024, Jangan Sampai Terlewatkan!

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah mengumumkan total formasi 2,3 juta orang. Rinciannya, instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183 yang terdiri atas 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK.  Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Adapun formasi instansi daerah sebesar 1.867.333 yang terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Khusus untuk formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146.

Lalu, tenaga kesehatan (nakes) dialokasikan sebesar 417.196 dan 547.416 formasi untuk tenaga teknis. Sedangkan alokasi untuk sekolah kedinasan, tahun ini pemerintah membuka 6.027 formasi.

Formasi sudah diumumkan, tapi pendaftaran CPNS 2024 belum dibuka. Namun, bagi pelamar CPNS ataupun PPPK, bisa mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Lalu, apa saja persyaratan dan cara daftar CPNS 2024?

Persyaratan CPNS 2024

Untuk persyaratan, pastinya setiap Warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sesuai Permenpan RB 27/2021 yang dilansir dari laman bkn.go.id. Berikut rinciannya:

  1. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar, kecuali dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang boleh melamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun. 
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak ataspermintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi pemerintah;
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang
    ditetapkan oleh PPK.
Baca juga: Cek Lagi! Berikut Persyaratan dan Dokumen Penting Daftar CPNS 2024, Jangan Sampai Terlewat

Cara Daftar CPNS 2024

Setelah syarat terpenuhi, langkah selanjutnya para pelamat bisa melakukan pendaftaran CPNS 2024. Sama halnnya dengan tahun lalu, cara mengikuti atau mendaftar CPNS 2024 dipastikan akan dilakukan secara online dengan mengkases https://sscasn.bkn.go.id.

Untuk pendaftaran CPNS 2024, para pelamar bisa melakukan registrasi dengan mengakses laman sscasn.bkn.go.id. Berikut tata caranya:

  1. Masuk website resmi SSCASN, yakni sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun di menu registrasi, buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
  3. Log in atau masuk menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan saat membuat akun di SSCASN
  4. Lengkapi biodata dengan mengisi data diri, memilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan
  5. Melengkapi data pendidikan
  6. Unggah dokumen persyaratan. Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah, baik biodata dan unggahan dokumen. Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran.
  7. Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar
  8. Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian melalui akun SSCASN
  9. Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar
  10. Pemberkasan dan Penetapan NIP.

Itulah syarat dan langkah-langkah cara daftar CPNS dan PPPK 2024. Diingat ya!  

Related Posts

News Update

Top News