Selain Donald Trump, Berikut Daftar Presiden AS jadi Target Kelam Pembunuhan

Selain Donald Trump, Berikut Daftar Presiden AS jadi Target Kelam Pembunuhan

Jakarta – Insiden penembakan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menambah daftar kelam upaya pembunuhan terhadap presiden ataupun mantan presiden Negeri Paman Sam.

Dalam sejarah panjangnya, AS memiliki 46 presiden. Dari jumlah tersebut, empat presiden AS tewas dibunuh. Delapan presiden dan mantan presiden lolos dari upaya pembunuhan, termasuk Trump.

Dilaporkan VOA, Trump sendiri dievakuasi dari panggung saat kampanye di Butler, Pennsylvania setelah terdengar suara tembakan di antara kerumunan massa.

Dalam pernyataan tim kampanye Trump, kandidat presiden dari Partai Republik itu menjalani perawatan di fasilitas medis setempat.

Sebab, dalam beberapa foto yang diabadikan dalam insiden penembakan itu, wajah Trump berlumuran darah yang berasal dari telinga kanannya.

Baca juga : MA Putuskan Donald Trump Punya Kekebalan Hukum di Kasus Pemilu 2020

“President Trump berterima kasih kepada para petugas penegak hukum dan penanggap darurat atas aksi cepat mereka dalam aksi yang mengerikan itu. Dia baik-baik saja dan sedang menjalani pemeriksaan di fasilitas medis setempat. Perincian selanjutnya akan diberikan,” kata juru bicara Trump, Steven Cheung dalam pernyataannya.

Daftar Presiden dan Wakil Presiden AS yang tewas dari percobaan penembakan

  1. Abraham Lincoln (1865)

Presiden pertama AS, Abraham Lincoln tewas dalam upaya pembunuhan. Ia ditembak di bagian belakang kepala pada 14 April 1865 saat tampil di Teater Ford di Washington DC, oleh John Wilkes Booth.

Diketahui, John Wilkes Booth merupakan aktor dalam drama malam itu dan simpatisan Selatan. Ia lantas melarikan diri dari tempat kejadian dan tertembak saat ditangkap beberapa minggu kemudian di Virginia.

2. James Garfield  (1881)

James Garfield ditembak di sebuah stasiun kereta api di Washington DC, pada bulan Juli 1881. Ia menghembuskan nafas terakhir beberapa bulan kemudian, pada bulan September, di New Jersey. 

Baca juga : Duh! Joe Biden Sebut Kamala Haris sebagai Wapres Donald Trump

Diketahui, Garfield ditembak oleh Charles Guiteau, seorang mantan pendukungnya yang tidak puas atas kinerjanya. Ditambah, Guiteau yang memiliki penyakit mental marah karena tidak memperoleh pekerjaan di pemerintahan Garfield kala itu. Guiteau dihukum dan digantung pada tahun yang sama.

3. William McKinley 

Ia ditembak pada bulan September 1901 di Buffalo, New York, oleh seorang anarkis bernama Leon Czolgosz. McKinley saat itu sedang tampil di acara musk Pan-Amerika. Dia bertahan selama berhari-hari di Buffalo sebelum meninggal karena luka-lukanya.

4. John F. Kennedy (1963)

John F. Kennedy tewas dibunuh oleh penembak jitu Bernama Lee Harvey Oswald pada November 1963. Kala itu, Kennedy ditembak dalam konvoi kepresidenanya sat berada di sebuah mobil limusin beratap terbuka.

Adapun Oswald, seorang simpatisan Soviet, dibekuk beberapa hari setelah penembakan tersebut. Oswald dibunuh oleh Jack Ruby di ruang bawah tanah kantor polisi Dallas.

Daftar Presiden yang selamat dari percobaan pembunuhan

  1. Andrew Jackson

Presiden AS Andrew Jackson pernah ditembak saat menghadiri pemakaman di Gedung Kongres. Adalah tukang cat asal Inggris bernama Richard Lawrence mencoba menembak Andrew Jackson namun gagal.

2. Theodore Roosevelt

Pada tahun 1912, Theodore Roosevelt pernah ditembak oleh seorang penjaga bar Bavaria dalam sebuah perjalanan menuju kampanye di Milwaukee.

Peluru sendiri mengenai kotak kacamata yang ada di saku dada presiden dan salinan teks pidato 50 halaman yang dilipat.

3. Franklin D. Roosevelt (1933)

Franklin D. Roosevelt juga pernah ditembak oleh Guiseppe Zangara di Miami pada 1933. Beruntung, peluru tersebut tidak mengenai Roosevelt, namun menewaskan Wali Kota Chicago Anton Cermak. Sang pelaku kemudian dihukum mati dengan cara disetrum.

4. Harry Truman

Truman pernah ditembak pada tahun 1950 di seberang Gedung Putih oleh dua aktivitas asal Puerto Rico yang berupaya menyerbu rumah tempat tinggalnya di Casa Putih.

5. Gerald Ford (1975)

Dinukil CNBC, Gerald Ford pernah menghadapi dua kali percobaan pembunuhan secara berurutan pada 1975. Adalah Lynette Fromme, seorang pengikut pemimpin sekte sesat Charles Manson, digagalkan sebelum menembak Ford di Sacramento, California. 

Beberapa minggu kemudian, wanita bernama Sara Jane Moore berupaya menembak Ford di San Francisco, namun lagi-lagi gagal karena seorang pengamat menangkapnya.

6. Ronald Reagan (1981)

Ronald Reagan juga pernah ditembak pada 1981 di Washington DC oleh John Hinckley. Dalam insiden tersebut, Sekretaris persnya, James Brady, terluka lebih parah daripada Reagan.

7. George W Bush (2005)

Seorang pria tak dikenal melemparkan granat aktif kepada Bush dalam sebuah rapat umum di Georgia, Tsibilisi.

8. Donald Trump

Trump terluka usai ditembak oleh penembak jitu saat sedang melakukan kampanye, pada tanggal 13 Juli 2024, di Pennsylvania. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News