Pasar Modal

Sederet Faktor yang Bakal Pengaruhi Harga Bitcon Pekan Ini

Jakarta – Harga Bitcoin pada perdagangan kemarin (23/7) mengalami penurunan sebanyak 0,96 persen ke posisi USD67.495 dalam 24 jam terakhir. Namun, dalam sepekan sebelumnya Bitcoin telah naik lebih dari 4,30 persen.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha, mengatakan bahwa, lonjakan tersebut mendorong harga Bitcoin ke level tertinggi enam minggu, di mana sempat diperdagangkan di atas USD68.000 pada Senin (22/7) atau melonjak dari sekitar USD63.500 pada tanggal 15 Juli lalu.

“Faktor-faktor utama yang mendorong reli ini meliputi pengaruh politik, inflow ETF Bitcoin Spot, antusiasme ETF Ethereum, dan indikator ekonomi serta data inflasi,” ucap Panji dalam risetnya dikutip, 24 Juli 2024.

Baca juga: Bitcoin Kembali Melesat Dekati Level USD65.000, Ini Pemicunya

Ia menambahkan, situasi politik di Amerika Serikat (AS) berperan dalam membentuk sentimen pasar, seperti upaya pembunuhan yang gagal terhadap mantan Presiden Donald Trump dan pengunduran diri Presiden Joe Biden dari pemilu, mempengaruhi kepercayaan investor. 

“Selain itu, rumor bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) akan segera menyelesaikan kasus besar berpotensi memberikan dorongan tambahan pada pasar kripto,” imbuhnya.

Selain itu, data inflasi Indeks Harga Konsumen (CPI) yang lebih rendah dari perkiraan dua minggu lalu turut menjadi landasan bagi kenaikan harga Bitcoin setelah penurunan signifikan sebelumnya.

Baca juga: Ada ‘Bahaya’ Mengintai di Tengah Tren Harga Bitcoin yang Meroket

Adapun, perkembangan penting yang diantisipasi dalam waktu dekat, yakni termasuk rilis laporan inflasi Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) pada Jumat (26/7) yang memicu pasar kripto menunjukkan dinamika menarik. 

Di mana, indeks harga PCE diperkirakan turun dari 2,6 persen yoy pada Mei menjadi 2,4 persen yoy pada Juni, terendah sejak Februari 2021, dengan indeks harga PCE inti juga diperkirakan turun 0,1 poin persentase menjadi 2,5 persen yoy pada Juni, terendah dalam tiga tahun terakhir. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

11 mins ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

13 mins ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

44 mins ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

1 hour ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

2 hours ago