SDM Jadi Tantangan Bisnis Trade Finance Bank
Page 3

SDM Jadi Tantangan Bisnis Trade Finance Bank

International Trade teIah menjadi motor penggerak hubungan antar negara di dunia, serta merupakan urat nadi perekonomian di suatu negara. Dalam proses perdagangan internasional saat ini, dikenal bermacam ragam cara pembayaran barang dan jasa, salah satu diantaranya adalah metode pembayaran dengan menggunakan Letter of Credit (LC).

Di dalam survei yang dilakukan oleh ICC bekerja sama dengan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecomunication) ditemukan bahwa penggunaan metode pembayaran dengan LC di seluruh dunia, yang terbanyak adalah di Asia Pasifik yaitu mencapai 72 persen untuk impor dan 76 persen untuk ekspor.

Indonesia termasuk negara yang mengalami peningkatan tertinggi dalam penggunaan LC untuk tahun 2015. Ada lima negara yang mengalami peningkatan penggunaan LC untuk ekspor untuk tahun 2015 dibandingkan dengan tahun 2014. Berdasarkan surveinya Indonesia meningkat 4,24 persen, Bangladesh 1,41 persen, UEA 0,50 persen, India 0,15 persen dan Jepang meningkat 0,02 persen. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News