Satgas Covid Tegaskan Test PCR Masih Akurat Deteksi Covid-19

Satgas Covid Tegaskan Test PCR Masih Akurat Deteksi Covid-19

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Saat ini, virus Covid-19 terus bermutasi menjadi berbagai varian yang lebih berbahaya. Meskipun demikian, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan bahwa alat uji diagnostik Polymerase Chain Reaction (PCR) saat ini masih akurat untuk mendeteksi varian tersebut.

“Kembali saya tegaskan bahwa sampai saat ini PCR yang beredar masih efektif untuk mendeteksi orang yang positif Covid-19. Hal ini tentunya tidak terlepas dari cara kerja PCR, yaitu dengan mendeteksi materi genetik virus,” terang Wiku Adisasmito dalam keterangannya di Jakarta.

Lebih jauh, ia juga menjabarkan bagaimana cara kerja metode alat uji PCR dan upaya lanjutan dengan whole genome sequencing (WGS) dalam menentukan varian virus. Kedua cara ini tetap akan masih relevan meski virus Covid-19 terus bermutasi ke dalam berbagai varian.

Meski demikian, Wiku mengingatkan kembali apapun varian yang beredar, hal yang terpenting untuk dilakukan adalah mengidentifikasi orang positif Covid-19 agar rantai penularan dapat diminimalisir. Mengidentifikasi dan memisahkan orang yang terinfeksi Covid-19, menjadi langkah penting untuk mencegah meluasnya penularan yang berpotensi menimbulkan lonjakan kasus.

“Dengan memutus rantai penularan, potensi lonjakan kasus dapat dicegah. Dalam hal ini, PCR masih efektif untuk mengidentifikasi orang yang positif Covid-19 apapun variannya,” pungkas Wiku. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]