Sambut Lebaran, BCA Siapkan Uang Tunai Rp69,48 Triliun

Sambut Lebaran, BCA Siapkan Uang Tunai Rp69,48 Triliun

Jakarta – Guna memastikan pemenuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 2023, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyediakan uang tunai sebesar Rp69,48 triliun. Jumlah tersebut naik 10% dari jumlah yang disiapkan di momen yang sama tahun lalu.

BCA mengantisipasi adanya kenaikan transaksi dengan mempersiapkan sejumlah layanan yang dapat memudahkan nasabah. Hal ini juga didasari perkiraan kegiatan perekonomian dan konsumsi masyarakat akan meningkat menjelang Idul Fitri, seiring dengan pembatasan mobilitas yang semakin longgar.

Adapun untuk penukaran uang, di wilayah Jabodetabek BCA memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang di 46 Kantor Cabang Utama (KCU), satu mobil kas keliling di area Masjid Istiqlal selama periode 3-14 April 2023, serta di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek selama 17-19 April 2023.

“Segenap layanan kami selama Ramadan dan Idul Fitri merupakan wujud komitmen kami dalam menghadirkan service excellence bagi seluruh nasabah agar dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. Kami harap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dapat mendukung perputaran uang di masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan nasional,” terang Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dikutip 4 April 2023.

Terkait tren “banking from anywhere” yang saat ini telah menjadi standar baru bagi operasional dan kegiatan perbankan, BCA juga memproyeksikan peningkatan jumlah transaksi jelang lebaran juga akan terjadi di kanal digital BCA.

Sebagai informasi, volume transaksi mobile banking BCA mencapai lebih dari 3 miliar transaksi di sepanjang dua bulan pertama tahun 2023, atau tumbuh 54,4% year on year (yoy). Di periode sama, volume transaksi internet banking mencapai hampir 800 juta transaksi.

Lalu, untuk nilai transaksi internet banking BCA menembus Rp2.797 triliun, dan mobile banking BCA mencapai Rp1.016 triliun. Masing-masing mengalai kenaikan 13,4% dan 36,0%.

“BCA berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nasabah maupun mitra di momen spesial Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Kami juga berfokus untuk senantiasa memastikan hadirnya platform perbankan transaksi yang aman dan andal, sekaligus dapat menjadi solusi yang relevan bagi kebutuhan nasabah,” imbuh Jahja.

Selama bulan Ramadan tahun ini, perseroan juga melakukan penyesuaian jam operasional kantor cabang hingga 14.30 waktu setempat. Namun nasabah tetap bisa memenuhi kebutuhan transaksi selama 24 jam melalaui berbagai kanal digital maupun jaringan ATM yang disediakan BCA. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News