Sambangi Indonesia, Ini 16 Kerjasama Bisnis Pemerintah dengan Delegasi Hong Kong

Sambangi Indonesia, Ini 16 Kerjasama Bisnis Pemerintah dengan Delegasi Hong Kong

Jakarta – Kunjungan delegasi bisnis Hong Kong, yang diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), dipimpin oleh Chief Executive Hong Kong Special Administrative Region HKSAR, John Lee, didampingi sejumlah pejabat utama HKSAR tiba di Indonesia untuk menandatangani sejumlahbMemorandum of Understanding (MoU) berbagai kerjasama yang akan dilaksanakan kedepannya.

Dalam hal ini, para delegasi Hong Kong melakukan lawatan bisnis untuk memperkuat hubungan, memperluas jaringan dan mendiskusikan kerjasama yang memanfaatkan kebijakan baru di Hong Kong untuk menarik investasi dan potensi bisnis, Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area (GBA), Belt and Road Initiative dan perjanjian kerjasama baru seperti RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership).

Baca juga: Delegasi Hong Kong Berkunjung ke RI, Peluang Indonesia Menjadi Negara Maju Terbuka Lebar

Lee mengatakan, ASEAN adalah mitra dagang terbesar kedua Hong Kong secara global. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia adalah negara terbesar. Pihaknya, datang ke Indonesia untuk mengkonsolidasikan persahabatan kami dengan Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya.

“Kami ingin memperkuat kerja sama jangka panjang kami untuk pertumbuhan bersama. Lebih penting lagi, kami ingin memberi tahu teman-teman kami di sini tentang kisah-kisah bagus dan terbaru tentang Hong Kong,” kata Lee.

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengungkapkan terima kasih atas kunjungan delegasi HKSAR dan para pemimpin bisnis Hong Kong. Ia percaya bahwa kunjungan ini akan menguntungkan kedua belah pihak. “Hong Kong adalah mitra dagang penting bagi Indonesia, dan saya optimis hubungan Indonesia-Hong Kong akan semakin kuat dan saling menguntungkan,” pungkas Jerry.

Pada kesempatan yang sama, HKTDC Chairman Dr Peter K N Lam menambahkan, sebagai pusat bisnis internasional dan platform dua arah antara Tiongkok Daratan dan dunia, Hong Kong adalah mitra yang sempurna bagi perusahaan Indonesia untuk memasuki pasar Tiongkok atau mendunia.

Baca juga: Sekuritas Asal Hong Kong Mau Garap Potensi Pasar Manajemen Aset di RI, Ini Profil Perusahaannya

“Saat Belt and Road Initiative memasuki tahun ke-10, kita dapat bekerja sama untuk memanfaatkan peluang dari fase baru kerja sama dan pembangunan berkelanjutan di sepanjang Belt and Road Initiative,” ujar Peter.

Berikut adalah 16 MoU yang ditandatangani oleh Hong Kong dan Indonesia:

  1. HKTDC dan Kementerian Perdagangan RI
  2. HKTDC dan Kementerian Perindustrian RI
  3. HKTDC dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia
  4. HKTDC dan KADIN
  5. nvestasi HK dan KADIN
  6. Observatorium Hong Kong dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Republik Indonesia (BMKG)
  7. HKEX dan Bursa Efek Indonesia (BEI)
  8. Grup Mitra Nilai dan Manajemen Aset STAR
  9. BOC International Holding Ltd dan “Industri Tsingshan, dan BOC Cabang HK Jakarta”
  10. BOC International Holding Ltd dan “J&T Jitu Express, dan BOC HK Cabang Jakarta”
  11. Asosiasi Manajemen Aset Cina Hong Kong (CAMA) dan Asosiasi Manajemen Aset Indonesia
  12. CCB International (Holdings) Ltd dan J&T Jitu Express
  13. Grup Teknologi Kedirgantaraan Hong Kong dan Bakrie & Brothers
  14. HSBC dan Hutchison Ports Indonesia
  15. Media Asia Group Holdings Limited dan MNC Media
  16. Templewater Hong Kong dan China International Marine Containers (Group) Ltd. (CIMC) dan Eternal Tsingshan Group Ltd.

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News