Saling Berkolaborasi Jadi Kunci Pengusaha Atasi Pandemi

Saling Berkolaborasi Jadi Kunci Pengusaha Atasi Pandemi

Jakarta – Pandemi Covid-19 membuat beberapa pengusaha harus jatuh bangun dalam mempertahankan bisnisnya. Agar bisa tetap bertahan, saling kolaborasi antar bisnis dinilai dapat menjadi kunci bagi para pengusaha untuk bisa tetap bertahan di tengah pandemi dan ketidakpastian ekonomi.

Saat diundang oleh Satgas Covid, Hendy Setiono, Pengusaha Kuliner mengungkapkan bahwa ia berusaha bekerja sama dengan pihak-pihak yang tepat. Bersama partner, kata dia, sebuah usaha dapat terus adaptasi, berkembang, dan bahkan dapat menembus pasar internasional.

“Salah satu cara agar kita bisa bertahan di masa krisis, selain inovasi dan kreativitas, adalah sinergi dan kolaborasi. Itu sebabnya beberapa bisnis yang saya jalani berkolaborasi dengan teman-teman content creator dan partner lainnya,” ujar Hendy pada talkshow virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa, 17 November 2020.

Lebih jauh, ia berpesan agar setiap pengusaha dapat terus membuka diri dan terus belajar. Dengan terus belajar, ia yakin suatu saat ilmu tersebut dapat direalisasikan menjadi bisnis sehingga lahirlah pebisnis-pebisnis baru dari pandemi.

“Manfaatkan waktu rebahan kita seproduktif mungkin dengan mengkonsumsi ilmu-ilmu bermanfaat dan konten-konten kreatif. Sekarang kita sudah bisa belajar melalui aplikasi online daring dan webminar. Dengan terus belajar, bisa jadi suatu saat kita bisa merealisasikan ilmu-ilmu tersebut dan menjadi pengusaha-pengusaha baru,” ucapnya. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News