Saldo Pengguna Raib, Ini yang Dilakukan DANA

Saldo Pengguna Raib, Ini yang Dilakukan DANA

Jakarta – PT Espay Debit Indonesia Koe atau dikenal dengan DANA angkat suara terkait maraknya kejahatan siber yang menimpa penggunanya. Salah satunya, aksi pembobolan saldo dana pengguna yang hilang secara tiba-tiba. 

VP of Product DANA Indonesia Adri Awwal mengatakan, DANA sendiri berkomitmen dalam memerangi aksi kejahatan siber. Berbagai upaya telah dilakukan seperti pengembangan fitur aplikasi DANA. 

“Kami sadar kejahatan siber masih marak. Maka dari itu, DANA fokus pada pengembangan fitur DANA Proteksi. Kita bekerja sama dengan Kominfo dan DANA sendiri telah diregulasi oleh BI dan Kominfo,” kata Adri dalam konferensi pers bertajuk ‘Dialog DANA: Pertumbuhan Dompet Digital DANA 2023’, Selasa, 30 Januari 2024.

Baca juga: Saldo Nasabah Raib Rp68,5 Juta, Begini Alasan BCA

Lanjutnya, DANA sendiri tengah mengembangkan fitur edukasi yang ada di aplikasi terkait dengan kejahatan scam, phising dan sebagainya. Selain itu, DANA juga masif melakukan edukasi di media sosial terkait keamanan pengguna DANA.

“Kalau buka di laman media sosial, DANA sudah lakukan itu. Kami berkomitmen mengembangkan fitur pelayanan melindungi nasabah,” jelasnya. 

Tangkapan layar akun @taetearchivee.

Sebelumnya, pada Desember 2023 lalu, salah satu akun media sosial X bernama @taetearchivee menceritakan saldo DANA miliknya tiba-tiba hilang dari Rp6 juta, menjadi tersisa Rp17 ribu.

“Guys lemes banget ini, jadi tadi aku habis topup dana 6jt. Tiba2 ada transaksi sampe saldo sisa 17k ini aku bingung banget gabisa bikin thread boleh minta bantu tag akun dana supaya duit aku bisa balik ga? Ini transaksinya di mytelkomsel sama google. Nangis banget,” tulis akun tersebut.

Dirinya pun segera menghubungi pihak DANA atas permasalahan yang dihadapi. Beruntung, saldo yang telah raib tersebut telah kembali.

“Alhamdulillah akhirnya saldoku sudah kembali lagi. Terimakasih orang orang baik, karena saldoku dah balik aku tutup kolom reply thread ini yaa. Terimakasih juga buat @danawallet yang udah menangani dengan baik,” katanya usai memberikan update beberapa hari kemudian.

Senada, salah satu pengguna DANA mengeluhkan hilangnya saldo secara tiba-tiba. Total kerugian yang ditimbulkan tersebut senilai Rp5.108.774 untuk tiga kali transaksi mencurigakan.

Baca juga: Paket Senilai Rp2,1 Juta Dinyatakan Hilang, Tapi Cuma Diganti Rp100 Ribu!

Melansir mediakonsumen, Rabu (26/4/2023), berikut kronologis yang diceritakan korban bernama Rizal Firdaus, warga Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Saya Rizal, selaku pengguna akun DANA dengan nomor 0896****2104. Saya ingin menyampaikan keluhan perihal saldo DANA saya, yang tiba-tiba hilang terkait dengan transaksi yang bukan saya lakukan, setelah saya melakukan isi saldo secara mandiri,” tulisnya.

Adapun total kerugian yang dialaminya senilai Rp5.108.774 untuk 3 transaksi pada tanggal 8 April 2023, tanpa sepengetahuan selaku pengguna akun tersebut. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News