Saham GOTO Malah Loyo Usai TikTok Guyur Investasi Rp23 Triliun ke Tokopedia

Saham GOTO Malah Loyo Usai TikTok Guyur Investasi Rp23 Triliun ke Tokopedia

Jakarta – Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali melemah 13,89 persen menjadi Rp93 dari Rp108 per saham pada perdagangan sesi II pukul 13.35 WIB hari ini (11/12) atau menurun 15 poin.

Meski begitu, saham GOTO sempat menguat di awal perdagangan dengan rentang harga Rp92 per saham sebagai level terendahnya hingga Rp110 per saham untuk level tertingginya.

Di mana, nilai transaksi saham GOTO tercatat Rp2,04 triliun, dengan frekuensi sebanyak 124 ribu kali, dan volume perdagangan mencapai 20,45 miliar saham.

Baca juga: Deal! TikTok Shop Buka Lagi di Indonesia Lewat Tokopedia

Padahal, GOTO sebelumnya telah mengumumkan akan melakukan kemitraan strategis bersama dengan TikTok untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Berdasarkan kemitraan tersebut, TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar atau setara dengan Rp23,42 triliun (kurs: Rp15.614) sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GOTO di Tokopedia. 

Baca juga: Susut 54 Persen, Rugi Bersih GOTO Tinggal Segini di Kuartal III-2023

Adapun, transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024, di mana kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GOTO untuk memperkuat posisi keuangan, serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar.

Nantinya, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia dengan fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia yang akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News