Sah, MA Lantik Mahendra dan Anggota DK OJK Baru

Sah, MA Lantik Mahendra dan Anggota DK OJK Baru

anggota OJK
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Mahkamah Agung (MA) resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan tujuh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) untuk periode 2022-2027 di Ruang Koesoemah Atmadja Gedung MA, Jakarta, 20 Juli 2022, sesuai Keppres No. 51/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Keanggotaaan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Ketua MA, Muhammad Syarifuddin melantik Mahendra Siregar sebagai Ketua DK OJK dan enam anggota DK OJK lainnya, yaitu Mirza Adityaswara, Dian Ediana Rae, Inarno Djajadi, Ogi Prastomiyono, Sophia Isabella Wattimena, dan Friderica Widyasari Dewi. Pelantikan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 51/P Tahun 2022 tanggal 9 Mei 2022.

“Bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah jabatan menurut agama saudara masing-masing?” tanya Ketua MA.

“Bersedia, Demi Allah saya bersumpah saya berjanji bahwa saya untuk menjadi dewan komisioner otoritas jasa keuangan, langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberikan sesuatu kepada siapapun. Saya bersumpah bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun suatu janji atau pemberian dalam bentuk apapun,” ucap sumpah Anggota DK OJK.

“Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai ketua, wakil ketua, anggota otoritas jasa keuangan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berkenaan dengan tugas dan kewajiban tersebut. Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia dan UUD 1945, sekiranya Tuhan menolong saya,” ucapnya lagi.

Dengan demikian berikut nama-nama Anggota DK OJK periode 2022-2027 beserta jabatannya.

  • Ketua merangkap anggota: Mahendra Siregar
  • Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota: Mirza Adityaswara
  • Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota: Dian Ediana Rae
  • Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota: Inarno Djajadi
  • Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota: Ogi Prastomiyono
  • Ketua Dewan Audit merangkap anggota: Sophia Isabella Wattimena
  • Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi
  • Doni Primanto Joewono sebagai anggota ex-officio dari Bank Indonesia
  • Suahasil Nazara sebagai anggota ex-officio dari Kementerian Keuangan

Adapun, rangkaian acara pelantikan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) akan dilanjutkan dengan serah terima jabatan Anggota DK OJK Periode 2022-2027 pada hari ini (20/7) pukul 10:30 WIB dan Konferensi Pers pada pukul 16:15 WIB.

Pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Anggota DK OJK tersebut tampak dihadiri oleh pimpinan tinggi lembaga negara, seperti para Menteri, Gubernur BI, Kapolri, Jaksa Agung, bos-bos dari kalangan industri perbankan, asuransi, pasar modal, dan industri keuangan lainnya. (*) Khoirifa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]