Sah! Jokowi Lantik Gus Ipul jadi Menteri Sosial Gantikan Risma

Sah! Jokowi Lantik Gus Ipul jadi Menteri Sosial Gantikan Risma

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial (Mensos) anyar pengganti Tri Rismaharini yang memutuskan mundur dari jabatannya, di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (11/9).

Pelantikan sendiri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang dibacakan langsung oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Usai Keppres dibacakan, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Saifullah Yusuf atau beken disapa Gus Ipul. 

Baca juga : Jokowi Resmikan 2 Proyek WIKA di Jawa Timur, Apa Saja?

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tangung jawab,” ucap Sekretaris Jenderal PBNU tersebut.

Kemudian, Gus Ipul meneken berita acara pengambilan sumpah jabatan bersama Presiden Jokowi.

Baca juga : Prabowo Harus Mengubah Haluan Kebijakan Ekonomi KW2 Rezim Jokowi

Selain melantik Gus Ipul, Jokowi juga melantik Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sebelumnya, Jokowi sendiri telah menandatangani surat pengunduran diri yang diajukan oleh Risma. Sebab, mantan Wali Kota Surabaya itu akan mendaftar menjadi calon gubernur Jawa Timur ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bersama KH Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News