Sah! DPR Tetapkan Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI 2024-2029

Sah! DPR Tetapkan Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI 2024-2029

Jakarta – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menetapkan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2024-2029. Dengan ini, Destry melanjutkan jabatannya sebagai Deputi Gubernur Senior BI selama dua periode yang masa jabatannya akan habis pada Agustus mendatang.

Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna Komisi XI DPR, Selasa (4/6/2024). Sebelumnya, Destry telah menjalankan uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test pada, Senin (3/6/2024).

Destry merupakan calon tunggal yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut tertuang dalam Surat Presiden R-17/Pres/05/2024 yang disampaikan ke DPR RI.

Baca juga: Calon DGS BI Destry Damayanti Beberkan Ancaman VUCA yang Makin Ngeri

Langkah Destry Damayanti untuk kembali menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior BI berjalan mulus. Sosoknya dinilai sudah tepat kembali menduduki posisi tersebut.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi mengatakan setelah dilakukan fit and proper test, Komisi XI DPR RI menyetujui Destry Damayanti terpilih sebagai Deputi Gubernur Senior BI periode 2024-2029. 

“Pada tanggal 3 Juni 2024 telah terlaksana fit and proper test, Komisi XI mengadakan rapat internal dan menyepakati pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat, dengan hasil calon Deputi Gubernur Senior BI yang terpilih adalah Destry Damayanti,” kata Fathan.

Dalam rapat tersebut, Ketua DPR Puan Maharani menanyakan kepada Anggota Dewan apakah laporan Komisi XI DPR RI terhadap hasil fit and proper test Calon Deputi Senior Gubernur BI dapat disetujui.

“Kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi XI DPR RI terhadap hasil uji kelayakan fit and proper test Calon Deputi Senior Gubernur BI tersebut dapat disetujui? Setuju, terima kasih,” ujar Puan sambil mengetok palu.

Seperti diketahui, Destry bukan sosok baru di industri keuangan nasional. Wanita kelahiran lahir 16 Desember 1963 ini mengawali karier pada 1997 ketika menjadi ekonom Citibank Indonesia.

Tiga tahun kemudian, peraih Master of Science dari Cornell University ini hijrah menjadi Senior Economic Adviser Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada tahun 2000-2003.

Dia juga tercatat sebagai peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 2005-2006, dan Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas pada 2005-2011.

Baca juga: Intip Rekam Jejak Destry Damayanti, Calon Tunggal Deputi Gubernur BI Senior Pilihan Jokowi

Setelah itu, dia melanjutkan kariernya sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri pada 2011-2015 dan Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN pada 2014-2015.

Selanjutnya, pada periode 2015-2019, Destry angkat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Karier Destry terus menanjak. Pada 2019, dia dipercaya sebagai Deputi Gubernur Senior BI hingga saat ini. (*)

Related Posts

News Update

Top News