Rupiah Ditutup Menguat Tipis 14.895/US$

Rupiah Ditutup Menguat Tipis 14.895/US$

Jakarta – Dalam perdagangan sore ini (11/5) nilai tukar rupiah terhadap dolar aS ditutup menguat tipis di 25 point di level 14.895/US$ bila dibandingkan dengan penutupan minggu sebelumnya dilevel 14.920/US$.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, pelaku pasar merespon positif setelah rencana dari beberapa negara untuk mengangkat kuncian lockdown yang yang meningkatkan sentimen investor.

“California, Michigan, dan Ohio, tiga negara bagian penting untuk manufaktur A.S., mengambil langkah-langkah untuk memungkinkan pabrik dan beberapa bisnis melanjutkan pekerjaan,” kata Ibrahim di Jakarta, Senin 11 Mei 2020.

Dari dalam negeri, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tengah pandemi virus corona memukul sistem keuangan dan pertahanan ekonomi negara dikuartal pertama. Sebagai catatan, pertumbuhan ekonomi kuartal pertama anjlok ke posisi 2,97% dari posisi sebelumnya pada kuartal IV 2019 yaitu 4,9%. 

“Guna untuk menggerakan sistem keuangan dan pertahanan ekonomi negara maka Pemerintah harus berani melakukan pelonggaran PSBB di awal Juni 2020 sehingga diharapkan sistem keuangan dan pertahanan ekonomi negara akan kembali pulih dan stabil sehingga kuartal kedua diharapkan PDB bisa di atas 2,97%,” jelasnya.

Oleh karena itu, pemerintah setiap minggu akan melakukan evaluasi kebijakan pemulihan ekonomi tujuannya agar strategi bauran yang sudah diterapkan bisa berjalan sesuai dengan regulasi. Selain itu, pemerintah harus bisa menjelaskan tentang kondisi yang sebenarnya kepada pasar sehingga pasar kembali percaya.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (11/5) kurs rupiah berada pada posisi 14.936/ US$ terlihat menguat dari posisi 15.009/US$ pada perdagangan Jumat kemarin (8/4). (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News