News Update

Rupiah dibuka Menguat ke Rp14.495/US$

Jakarta – Pada hari ini (26/4) nilai tukar rupiah terhadap dolar as dibuka pada posisi Rp14.495/US$ nilai tukar tersebut menguat 30 poin atau 0,21% bila dibandingkan dengan perdagangan Jumat kemarin (23/4) Rp14.525/US$.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra menilai rupiah kemungkinan menguat mengikuti sentimen penguatan mata uang regional terhadap dollar AS pagi ini.

“Penguatan nilai tukar regional dipengaruhi oleh ekspektasi positif pasar terhadap pemulihan ekonomi global seperti yang ditunjukkan oleh data-data ekonomi yang positif,” kata Ariston di Jakarta, Senin 26 April 2021.

Sementara itu pada pekan lalu data Purchasing Managers’ Index (PMI) sektor manufaktur dan jasa kawasan Eropa juga dirilis lebih bagus dari ekspektasi. Data tenaga kerja AS dan Inggris juga terlihat membaik. Sedangkan ekonomi China juga menunjukkan pertumbuhan PDB kuartal 1 yang sangat tinggi sekitar 18%.

“Data ekonomi Indonesia sendiri juga menunjukan perbaikan seperti data PMI manufaktur yang bertumbuh dan data neraca perdagangan yang surplus,” ucap Ariston.

Di sisi lain, naiknya kasus harian baru covid-19 di dunia bisa memicu kekhawatiran pelaku pasar sehingga penguatan nilai tukar terhadap dollar AS menjadi tertahan. Sedangkan musim dividen di Indonesia juga bisa menahan penguatan karena kebutuhan dollar AS untuk pembayaran dividen meningkat.

“Potensi penguatan rupiah ke arah Rp14.460/US$ dengan potensi resisten di kisaran Rp14.550/US$,” tukas Ariston. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Survei Inventur: Kelas Menengah Mulai Tunda Punya Rumah hingga Menikah

Jakarta - Deflasi yang terjadi di Indonesia selama lima bulan berturut-turut sejak Mei-September 2024 menyebabkan masyarakat… Read More

6 mins ago

Bank Jateng Sabet Penghargaan di Ajang Top 20 Financial Institutions Award 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng berhasil menyabet penghargaan prestius… Read More

2 hours ago

Respons Airlangga soal Prabowo Ambil Alih Pengawasan Kementerian Keuangan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara soal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang sudah tidak… Read More

3 hours ago

Kinerja Moncer, Tugu Insurance Boyong 2 Penghargaan di Top 20 Financial Institutions Award 2024

Jakarta - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) atau Tugu Insurance berhasil memboyong dua… Read More

3 hours ago

Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI Raih The Best CFO 2024 Versi The Finance

Jakarta – Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta atau Bank DKI menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang… Read More

3 hours ago

Asuransi TRIPA Raih Top 20 Perusahaan Asuransi Umum 2024

Jakarta - PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) berhasil meraih penghargaan “Top 20 Perusahaan Asuransi Umum 2024” versi… Read More

3 hours ago