RS Swasta Siap Antisipasi Peningkatan Kasus Pasca Libur Panjang

RS Swasta Siap Antisipasi Peningkatan Kasus Pasca Libur Panjang

Jakarta – Sekretaris Jenderal Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), dr Ichsan Hanafi menegaskan pihaknya selalu siap sedia bilamana ada peningkatan kasus covid-19 usai libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 lalu.

Ichsan mengatakan, meski belum ada lonjakan pada hari pertama usai libur panjang, namun pihaknya terus menyiapkan ketersediaan hunian serta peralatan kesehatan lain.

“Kita siap untuk antisipasi kalau ada suatu kemungkinan trend (kasus) akan meningkat dan kita tetap harus selalu waspada,” kata Ichsan dalam talkshow yang disiarkan di laman YouTube BNPB, Senin, 2 November 2020. 

Menurutnya, saat ini kondisi ketersediaan hunian di rumah sakit sudah mencukupi untuk merawat pasien Covid-19. Dia bahkan menyebut kapasitas tempat tidur di rumah sakit untuk pasien terinfeksi virus corona sudah cukup banyak.

Tak hanya itu, RS Darurat Wisma Atlet juga menyatakan kesiapannya untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan pasien usai libur panjang minggu lalu.

Koordinator RS Darurat Covid-19 Mayjen TNI Tugas Ratmono memastikan, baik jumlah tempat perawatan maupun petugas kesehatan dalam porsi yang cukup untuk mengantisipasi bilamana ada lonjakan kasus.

“Antisipasi kalau ada peningkatan, ketersediaan tempat tidur, tenaga kesehatan, masih cukup untuk melayani pasien,” kata Tugas. (*)

Related Posts

News Update

Top News