Tips & Trick

Rawat Mesin Industri Dengan 5 Cara Berikut dan Jangan Lupa Asuransi

Jakarta – Pada setiap perusahaan, mesin-mesin produksi yang terus bekerja siang malam tentu tidak ternilai harganya. Kerusakan pada mesin tersebut dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi perusahaan dan industri itu sendiri. Maka dari itu, langkah pencegahan serta perawatan perlu dilakukan agar mesin produksi tetap awet dan tahan lama. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut. 

1. Buat catatan penggunaan mesin

Aktivitas penggunaan mesin produksi perusahaan anda perlu selalu dipantau. Tujuannya agar penggunaan mesin sendiri tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Untuk itu, anda bisa membuat logbook penggunaan  atau catatan digital lainnya untuk mengecek jam aktif mesin produksi. 

Selain itu, anda juga dapat mengidentifikasi lebih awal permasalahan teknis yang muncul melalui logbook tersebut. Dengan demikian, kerusakan mesin produksi dapat dicegah sejak dini.

2. Lakukan pemeriksaan komponen rutin

Agar mesin produksi selalu bekerja dengan lancar, pastikan anda selalu memeriksa komponen-komponen mesin produksi secara rutin. Pengecekan secara berkala akan mampu mengurangi risiko kerusakan mesin. Segera ganti komponen mesin yang sudah tua dan usang agar kerusakan pada satu komponen tidak menyebar ke bagian lain. Dengan demikian, mesin produksi anda akan semakin awet dan terawat

3. Rajin lumasi mesin dan jaga kebersihan

Korosi akibat air dan udara sering kali menjadi penyebab utama dalam kerusakan mesin produksi. Untuk itu, pastikan anda melumasi bagian-bagian mesin yang memerlukan perlindungan dari korosi. Selain itu, kebersihan di daerah sekitar mesin juga berkontribusi pada pemakaian mesin produksi. Untuk itu, jagalah kebersihan dan hindarkan mesin produksi anda dari debu-debu yang bisa menempel dan mempengaruhi kinerja mesin. 

4. Lindungi peralatan selama penyimpanan

Jika mesin produksi sedang tidak aktif, pastikan anda memberi perlindungan atau penutup mesin di setiap bagian. Tujuannya adalah untuk menghindari air dan korosi yang bisa terjadi selama alat produksi tidak aktif. Selain itu, pastikan anda juga memeriksa korosi yang timbul jika hendak menggunakan mesin produksi kembali.

5. Asuransikan mesin produksi

Kemudian, pastikan anda mengasuransikan mesin produksi perusahaan. Layaknya payung sebelum hujan, asuransi akan memberikan anda rasa aman dan meminimalisir kerugian yang timbul apabila terjadi kerusakan pada mesin produksi. Jika belum memilikinya, anda bisa memilih perlindungan asuransi dari Tugu Insurance. 

Tugu Insurance memiliki produk Asuransi Korporasi yang menjamin Risiko Kerusakan Harta Benda, Kerusakan Mesin, Dan Gangguan Bisnis. Asuransi ini akan menjamin kerugian anda jika terjadi kerusakan fisik yang tiba-tiba, tidak terduga dan tidak disengaja terhadap mesin yang dijamin selama periode asuransi. 

Dengan perluasan asuransi, Tugu Insurance juga akan memberikan perlindungan pada kerusakan properti dan gangguan usaha. Bersama asuransi dari Tugu Insurance perlindungan korporasi anda akan lengkap dan tidak perlu khawatir. 

Lalu, tunggu apa lagi? Segera lindungi usaha dan mesin produksi anda dengan Asuransi Resiko Kerusakan Harta Benda, Kerusakan Mesin, dan Gangguan Bisnis dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

5 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

6 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

19 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

20 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

20 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

20 hours ago