Ramadan dan Lebaran, Jalin Prediksi Ada 105 Juta Transaksi Keuangan

Ramadan dan Lebaran, Jalin Prediksi Ada 105 Juta Transaksi Keuangan

Jakarta –  Transaksi keuangan selama Ramadan dan Lebaran dipastikan akan melonjak tajam dibanding bulan sebelumnya. Ini wajar terjadi, mengingat kebutuhan masyarakat pada momen tersebut cukup banyak. Mulai dari persiapan mudik, bayar zakar, hingga bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) kepada sanak keluarga.

Tingginya transaksi keuangan tersebut sudah diprediksi oleh PT Jalin Pembayaran Nusantara atau Jalin. Mereka memproyeksikan akan terjadi lonjakan volume transaksi sebanyak 105 juta transaksi pada jaringan LINK selama Ramadan dan Lebaran. Transaksi tersebut melalui kanal ATM, debit, mobile banking dan QRIS.

“Totalnya bisa mencapai 105 juta transaksi di periode 14 hari menjelang dan usai Lebaran. Angka ini juga tumbuh 7% dibandingkan volume transaksi di Maret 2023,”ungkap Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji dikutip, Sabtu, 8 April 2023.   

Ia melanjutkan, dari sisi volume transaksi melalui kanal QRIS diproyeksi mengalami kenaikan pertumbuhan paling signifikan. Kenaikannya bisa mencapai lebih dari 700% (YoY) atau mencapai 43 juta transaksi. 

Guna mengantisipasi lonjakan transaksi tersebut, Jalin akan menghadirkan Posko RAFI 24/7 mulai 15 April hingga 1 Mei 2023. Ini merupakan sistem dan layanan transaksi keuangan bagi nasabah yang berasal dari 39 member bank dan nonbank yang tergabung dalam jaringan LINK selama periode mudik Lebaran.

“Kami bersiaga mempersiapkan sistem infrastruktur pengelolaan jaringan LINK di berbagai channel pembayaran seperti ATM, debit, digital banking maupun QRIS dengan menjaga performansi operasional yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang disepakati,” tutup Ario.(*)

Related Posts

News Update

Top News