Rahasia Mu’min Ali Membangun Konglomerasi Panin Group

Rahasia Mu’min Ali Membangun Konglomerasi Panin Group

Rahasia Mu’min Ali Membangun Konglomerasi Panin Group
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Tak banyak bankir nasional dengan pengalaman selengkap bankir satu ini. Dia juga pewaris tiga legacy untuk industri perbankan nasional. Legenda hidup penuh inspirasi itu bernama Mu’min Ali Gunawan.

Akhir tahun 2022 lalu, Mu’min Ali menjadi salah satu buruan media. Hal ini terkait isu yang beredar bahwa investor kakap asal Jepang akan mengakuisisi PaninBank. Mu’min hanya tersenyum ketika Infobanknews mengkonfirmasi langsung ke padanya, Rabu, 11 November 2022 lalu.

Infobank telah mengenal Mu’min Ali sejak dia masih menjadi direktur di Bank Panin, tahun 1979. Dan, tak banyak yang berubah dari dirinya. Dia tetap low profile, sedikit bicara, dan serius. Sangat jarang tampil di publik, apalagi di media. Sifat yang satu ini juga tak pernah berubah, pekerja keras, detil, dan perfectionist.
 
Detil dan perfectionist. Dua sifat yang masih begitu lekat menempel pada diri Mu’min. Untuk hal kecil seperti memakai batu akik kesayangannya saat hendak berfoto atau memilih lokasi untuk berpose, hingga hal besar seperti saat negosiasi dengan global investor yang akan investasi di perusahaannya, semua dilakukan secara detil dan rigid.
 
“Orang bekerja itu harus detil. Ketika kita mengerjakan sesuatu, apapun, dengan detil, hasilnya akan perfect, sempurna. Dan, semua itu butuh kerja keras,” ujar Mu’min Ali Gunawan kepada Eko B. Supriyanto, Karnoto Mohamad, Darto Wiryosukarto, Adrian Raditya, dan Zainal Abdurrani (fotorgafer) dari Infobanknews.

Panin Bank merupakan satu-satunya bank papan atas yang tidak pernah memakai dana BLBI dan Obligasi Rekap. Itu salah satu legacy, selain mempelopori IPO bank nasional dan ide merger bank.

Atas tiga legacy-nya itu, pada event “Top 100 CEO & The Next Leader Forum 2022” di Hotel Pullman, Jakarta, pada 23 November 2022 lalu, Infobank Media Group memberikan penghargaan bergengsi kepada Mumin sebagai “The Inspirational Legendary Banker”.

Panin Bank kini punya nasabah loyal yang tersebar di seluruh Indonesia. Panin Group juga berhasil tumbuh menjadi konglomerasi sektor keuangan papan atas di Indonesia.

Bagaimana strategi Mu’min Ali membangun dan membesarkan PaninBank hingga menjadi salah satu konglomerasi raksasa di sektor keuangan? Simak selengkapnya di Majalah Infobank edisi Januari 2023. (*) DW

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]