QRIS Cross Border Antarnegara Perlu Diperluas Hingga ke Arab Saudi

QRIS Cross Border Antarnegara Perlu Diperluas Hingga ke Arab Saudi

QRIS
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) hingga tahun 2022 ini terus menunjukan perkembangannya terkait inovasi digital terutama pada QR Indonesia Standard (QRIS) yang saat ini telah digunakan di Indonesia maupun negara tetangga salah satunya seperti Thailand.

Steering Committee IFSOC, Dyah N.K. Makhijani, menyoroti hal-hal yang perlu dikembangkan lebih lanjut di tahun 2023, salah satu diantaranya adalah terkait dengan QRIS yang memiliki program-program tourism secara end-to-end.

“Jadi kalau kita tourist kan pasti ada airline, kapal, atau hotel dan sebagiannya, nah ini nanti sudah lebih menyambung dan tentunya disini ini perlu sekali peningkatan join communication,” ucap Dyah di Jakarta, 27 Desember 2022.

Sebagai salah satu contoh negara yang sudah meluncurkan fitur QR Antarnegara ini adalah Thailand, dimana pada fitur tersebut menekankan keunggulan fungsi interoperabilitas antarnegara, sehingga dapat dikembangkan oleh negara-negara tetangga lainnya.

Kemudian, catatan yang selanjutnya adalah fitur dari QR Antarnegara tersebut diharapkan dapat memudahkan para turis atau wisatawan mancanegara yang berwisata ke Indonesia, sehingga dapat lebih menguntungkan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia.

“Mungkin yang turisnya juga banyak ke Indonesia, ada perlu waktu untuk pelaksanaannya perlu waktu untuk kesepakatannya yang kita mengharapkan juga agar diperluas ke negara-negara yang banyak turisnya dari Indonesia,” imbuhnya.

Adapun, hal terakhir QRIS diharapkan juga mampu diperluas ke negara Saudi Arabia, untuk memudahkan para jamaah haji ataupun umrah dari Indonesia yang setiap tahunnya tercatat mencapai sekitar ratusan ribu jamaah.

“Disanalah kita mengharapkan pada saatnya kita juga akan memudahkan WNI yang menjalankan ibadah umroh yang jumlahnya ratusan ribu per tahun bisa menggunakan kebijakannya disana dengan QRIS sehingga lebih efisien juga,” ujar Dyah. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]