Proyeksi Ekonomi RI Positif, Rupiah Berpotensi Menguat Seharian

Proyeksi Ekonomi RI Positif, Rupiah Berpotensi Menguat Seharian

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar as pada hari ini (18/11) dibuka pada posisi Rp14.062/US$. Posisi tersebut menguat 0,05% dibandingkan perdagangan sebelumnya, Rp14.110/US$.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra menjelaskan, pergerakan pasar Asia di instrumen keuangan sangat beragam ada yang positif dan ada yang negatif. Menurutnya, sentimen positif datang karena laporan pengembangan vaksin covid-19.

“Namun perkembangan vaksin juga tertutupi oleh kekhawatiran pasar soal peningkatan kasus covid-19 yang bisa memicu pelambatan pemulihan ekonomi,” kata Ariston di Jakarta, Rabu 18 November 2020.

Dari dalam negeri, sentimen masih positif, di antaranya proyeksi pertumbuhan ekonomi RI yang positif di kuartal ke-empat oleh Bank Indonesia (BI). Proyeksi itu mengindikasikan BI akan menahan suku bunga acuannya sehingga tingkat imbal hasil aset rupiah masih menarik di mata investor.

“Sentimen positif dalam negeri tersebut mungkin bisa menahan sentimen negatif dari eksternal. Rupiah mungkin masih bisa menguat hari ini kisaran  Rp14.000/US$ hingga Rp14.150/US$,” tukas Ariston.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (18/11) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.118/US$ terlihat melemah dari posisi Rp14.073/US$ pada perdagangan kemarin (17/11). (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News