Program Transformasi 5.0 Dongkrak Kinerja Keuangan Bank DKI Tumbuh Positif

Program Transformasi 5.0 Dongkrak Kinerja Keuangan Bank DKI Tumbuh Positif

Program Transformasi 5.0 Dongkrak Kinerja Keuangan Bank DKI Tumbuh Positif
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kinerja keuangan Bank DKI selama 3 (tiga) tahun terakhir yang tumbuh secara signifikan dan berkualitas, tidak terlepas dari implementasi Program Transformasi 5.0 Bank DKI yang dilakukan Perseroan sejak tahun 2021. 

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI Romy Wijayanto mengatakan, salah satu strategi yang dijalankan dalam financial re-engineering adalah optimalisasi aset yang dimiliki baik dari kredit maupun portofolio treasury yang berfokus pada yield enhancement.

Selain itu, Bank DKI juga melakukan program cost effectiveness dengan menekan beban-beban biaya bunga dan beban lainnya, meski tetap memupuk pencadangan secara lebih memadai. Sehingga mendorong kinerja rasio keuangan Bank DKI semakin lebih baik.

Kinerja positif dan ekspansi yang solid mampu dibukukan oleh Bank DKI, tercermin dari catatan laba bersih sebesar Rp726 miliar atau tumbuh 28,83% secara year on year (YoY) pada Kuartal III 2022.

Selain itu, sepanjang tahun 2022 Bank DKI telah berhasil meraih total sebanyak 28 (dua puluh delapan) penghargaan dari berbagai lembaga bergengsi, diantaranya penganugerahan sebagai peringkat 15 dari 20 Bank Terbaik versi majalah Forbes Indonesia. 

Terbaru, Bank DKI berhasil meraih tiga kategori penghargaan sekaligus, yaitu Top 20 Financial Institution Kategori Aset Rp50T s.d <Rp100T, Special Award: The Most Active Bank in Product Innovation Kategori Regional Bank, dan The Best Chief Financial Officer (CFO) in Financial Institution Kategori KBMI 2. 

Penganugerahan ini diinisiasi oleh The Finance Infobank Group dalam gelaran Top 20 Financial Award 2022. Seremoni penyerahan penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy dan Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI Romy Wijayanto di Jakarta (24/11).

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan kepada Bank DKI. Lebih lanjut, Fidri menyampaikan penghargaan Top 20 Financial Institution Award 2022 ini merupakan apresiasi atas pencapaian kinerja Bank DKI yang mampu berhasil tumbuh dengan stabil selama tiga tahun terakhir.

“Bank DKI telah membuktikan mampu terus tumbuh positif ditengah kondisi yang menantang sepanjang masa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19 dan terus berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi DKI Jakarta dan secara nasional” ucap Fidri. Ia juga menambahkan bahwa penghargaan yang diraih berkat dukungan Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham, mitra kerja, serta kepercayaan nasabah,” ujarnya 

Top 20 Financial Instutions Award 2022 merupakan bentuk apresiasi The Finance bagi sejumlah institusi keuangan, meliputi perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, dan multifinance. Sejumlah kriteria yang dijadikan faktor penilaian oleh The Finance Institute khususnya untuk unsur bank, didasari pada pertumbuhan (modal inti, kredit yang diberikan, dana pihak ketiga, laba tahun berjalan), profil manajemen risiko, peringkat nilai komposit GCG, permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, serta efisiensi. Selain itu, perusahaan juga dinilai berdasarkan laba yang tumbuh secara positif ke positif, serta berpredikat sangat bagus dalam rating Infobank.

Penghargaan The Best CFO 2022 yang diterima Bank DKI, secara spesifik diberikan kepada Direktur Keuangan & Strategi, Romy Wijayanto. Penghargaan yang diterima Romy Wijayanto tidak terlepas dari kontribusi nyata yang diberikan dalam meningkatkan kinerja keuangan Bank DKI, baik laba dan kinerja bisnis, kualitas aset, termasuk rasio-rasio keuangan yang vital. Bersama komando Direktur Utama Fidri Arnaldy, Bank DKI membuktikan dan berhasil melewati masa-masa yang berat akibat Pandemi Covid-19, melalui berbagai inisiatif, dan keputusan strategis menyelamatkan kondisi keuangan perseroan selama periode krisis dan dapat terus bertumbuh positif. 

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan penghargaan ini menumbuhkan semangat optimisme atas berbagai upaya yang telah dilakukan Bank DKI dalam menghadapi era disrupsi di masa mendatang, serta untuk terus berinovasi mewujudkan visi sebagai Bank Pilihan untuk Jakarta yang Maju dan Sejahtera.

Ia menjelaskan, pengembangan produk dan layanan perbankan digital Bank DKI menjadi jawaban atas adaptasi terhadap perubahan yang serba cepat, terlebih saat ini Bank DKI sedang melakukan transformasi. “Bank DKI juga akan terus berkomitmen dalam menghadirkan inovasi dan memberikan layanan terbaik kepada customer, serta siap menyongsong tahun 2023 melalui berbagai inovasi kearah digitalisasi,” ucap Arie. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]