Profit 3 Bulan Berturut-turut, KoinWorks Bank Bakal Buka Kantor Pusat di BSD

Profit 3 Bulan Berturut-turut, KoinWorks Bank Bakal Buka Kantor Pusat di BSD

Jakarta – Mengawali perjalanan sebagai Bank Perekonomian Rakyat (BPR), KoinWorks Bank akan segera bertransformasi menjadi bank digital (BPR) pertama di Indonesia.

Benedicto Haryono, Co-Owner KoinWorks Bank menyatakan, pihaknya percaya bahwa kemampuan untuk menyediakan layanan keuangan yang cepat dan aman dari KoinWorks Bank akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat Indonesia.

“Layanan kami di sini juga akan memfasilitasi UMKM agar dapat terlayani dengan maksimal untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka,” ujarnya dalam keterangan resminya dikutip 6 Juni 2024.

Baca juga: Chubb dan KoinWorks Kolaborasi Hadirkan Solusi Asuransi untuk UMKM

KoinWorks Bank menawarkan berbagai produk pinjaman, meliputi pinjaman modal kerja usaha, pinjaman investasi untuk menunjang usaha, kredit kepemilikan rumah, hingga pinjaman multiguna.

Ada juga deposito berjangka dengan tingkat suku bunga yang kompetitif dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Dengan suku bunga yang menarik, dan tenor yang beragam, KoinWorks Bank memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka,” jelasnya.

Raih Untung

Sejak diakuisisi oleh KoinWorks Group pada awal 2023, KoinWorks Bank telah membukukan profitabilitas. Pada kuartal I 2024, perseroan mampu meraup laba tahun berjalan Rp1,2 miliar, dengan return on asset (ROA) 2,73 persen.

“Angka ini meningkat dibanding masa transisi perubahan menjadi KoinWorks Bank pada Oktober 2023 dengan ROA minus (-10,4 persen),” jelas Benedicto.  

Dia melanjutkan, dari sisi rasio beban operasional dan pendapatan operasional (BOPO) berhasil ditekan menjadi 77,3 persen sepanjang awal tahun ini.

“Pertumbuhan kredit di kuartal pertama 2024 juga tumbuh mencapai 134 persen dengan rasio non performing loan (NPL) berada di level 0,01 persen,” jelasnya.

Realisasi kredit tersebut mendongkrak pertumbuhan laba perseroan sejak Oktober 2023. Adapun aset yang dikelola KoinWorks Bank tercatat meningkat 159 persen sejak Oktober 2023.

Baca juga: Istilah Bank Digital Sering Disalahgunakan, OJK Bakal Terbitkan Aturan Baru

Kantor Pusat

Joko Purwanto, Direktur Utama KoinWorks Bank mengatakan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan memindahkan kantor pusat ke Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, yang akan segera beroperasi melayani nasabah.

“Saat ini KoinWorks Bank telah memiliki kantor kas di Jakarta Selatan yang telah beroperasi sejak November 2023. Pada tahun ini, kami juga akan memperluas layanan dengan membuka cabang baru di Jabodetabek dan menggarap potensi pasar UKM komersil di beberapa kota di Indonesia,” ujarnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News