Prabowo Jawab Anies Soal Pembangunan Pabrik HP: Kalau Hanya Setengah Triliun, Bangun Segera

Prabowo Jawab Anies Soal Pembangunan Pabrik HP: Kalau Hanya Setengah Triliun, Bangun Segera

Jakarta – Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto berjanji akan membangun pabrik handphone (HP) di Tanah Air sebagai solusi menekan impor HP. 

Momen tersebut disampaikan Prabowo ketika merespons jawaban capres nomor urut 1, Anies Baswedan terkait pertanyaan panelis mengenai impor ponsel tahun 2023 mencapai Rp30 triliun, padahal anggaran membangun pabrik ponsel tidak sampai setengah triliun.

“Kalau saya selalu solutif dan tindakan, kalau memang hanya setengah triliun, perlu kehendak politik, ya bangun itu pabrik segera,” tegas Prabowo dalam debat kelima Pilpres 2024, Minggu, 5 Februari 2024.

Baca juga: Debat Capres, Ganjar Beberkan 3 Cara Bangun Indonesia  Beradab

Ia juga menyinggung masalah utama di sektor teknologi ialah sumber daya manusia. Untuk mengatasi hal tersebut, negara perlu menyediakan beasiswa pendidikan bagi anak-anak di bidang teknologi, sains hingga matematika.

“Jadi programnya adalah memberikan beasiswa yang tadi saya sudah katakan, yakni 10 ribu kedokteran, 10 ribu di bidang science, technology, engineering, dan mathematics,” bebernya.

“Ini sangat mutlak, baru kita dapat bersaing. Kalau kita tidak punya awaknya bagaimana? Jadi program kami memberikan beasiswa,” tambahnya.

Baca juga: Anies Ungkap Strategi Bangun Teknologi Informasi Indonesia

Sebagaimana diketahui, pemerintah mensyaratkan kewajiban pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 35 persen.

Sejauh ini, merek-merek seperti Xiamo, Samsung, Oppo, VIVO telah memenuhi aturan TKDN tersebut dengan membangun pabrik atau perakitan di Indonesia. Hanya saja, merek asal AS Apple belum menjalankan kewajiban tersebut. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News