PMI Tegaskan Tak Ada Penularan Covid-19 Melalui Darah

PMI Tegaskan Tak Ada Penularan Covid-19 Melalui Darah

PMI Tegaskan Tak Ada Penularan Covid-19 Melalui Darah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan bahwa hingga saat ini belum ditemukan adanya penularan covid-19 melalui darah manusia. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk tidak khawatir melakukan donor darah untuk menolong sesama yang membutuhkan darah.

“Sampai saat ini WHO mengatakan bahwa penularan penyakit Covid-19 ini belum ditemukan melalui darah, tapi lebih banyak melalui droplet penyebarannya,” kata Ketua Bidang Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Linda Lukitari Waseso dalam diskusi virtual yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Jumat 27 November 2020.

Meski begitu, PMI terus menjaga mutu dan kualitas darah pendonor agar tetap aman untuk disalurkan bagi yang membutuhkan. Linda juga menyebut saat ini kebutuhan akan kantong darah masih cukup besar.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau pada masyarakat untuk tidak takut melakukan donor darah asal sesuai ketentuan dan protokol kesehatan.

Sebagai informasi saja, saat ini angka penularan covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi. Berdasarkan data Satgas Covid-19 pada (27/11) pukul 12.00 WIB tercatat ada 5.828 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Penambahan itu menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 522.581 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]