Pidato Perdana Presiden Prabowo: Targetkan Swasembada Pangan dan Energi Sesingkat-singkatnya

Pidato Perdana Presiden Prabowo: Targetkan Swasembada Pangan dan Energi Sesingkat-singkatnya

Jakarta – Usai dilantik menjadi Presiden RI, Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya. Dalam pidato tersebut, Prabowo yakin bisa mewujudkan swasembada pangan di Indonesia paling lambat 4-5 tahun ke depan.  

“Saya canangkan swasembada pangan yang sesingkat-singkatnya. Saya yakin paling lambat 4—5 tahun, kita akan swasembada pangan, bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia,” ujar Prabowo saat berpidato dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024–2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Prabowo mengaku telah berdiskusi dengan para pakar terkait untuk mewujudkan swasembada pangan. Dia pun merasa yakin hal tersebut bisa terealisasi. Kata Prabowo, swasembada pangan harus diwujudkan guna cegah ketergantungan pada bahan pangan negara-negara lain.

Baca juga: Sah! Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi jadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

“Kita tidak boleh tergantung pada sumber makanan dari luar. Dalam krisis, dalam keadaan genting, tidak ada yang akan mengizinkan barang-barang mereka untuk kita beli,” ujarnya.

“Tidak ada jalan lain, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, kita harus mencapai ketahanan pangan,” tambah Prabowo.

Tak hanya pangan, Prabowo juga menegaskan bahwa swasembada energi menjadi target utama lainnya. Hal itu pun diyakini Prabowo mampu untuk segera dicapai Indonesia.

Terlebih, kata Prabowo, Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam (SDA) yang kaya. Oleh karenanya, Pemerintahan Prabowo-Gibran akan mengakselerasi swasembada energi.

“Kita diberi karunia besar. Tanaman-tanaman seperti kelapa sawit bisa hasilkan solar dan bensin, singkong tebu dan jagung. Kita juga punya geotermal, batu bara yang banyak. Pemerintah yang akan saya pimpin nanti akan fokus swasembada energi,” ungkapnya

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Baca juga: Prabowo Umumkan Kabinet Minggu Malam, Ini Bocoran Terbaru Daftar Menterinya

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 504 Tahun 2024 Tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Keduanya berhasil memenangi pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2024 setelah meraih 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi. (*)

Related Posts

News Update

Top News