Perusahaan IT ini Siap Implementasikan Solusi BI-FAST untuk Bank

Perusahaan IT ini Siap Implementasikan Solusi BI-FAST untuk Bank

Perusahaan IT ini Siap Implementasikan Solusi BI-FAST untuk Bank
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni) perusahaan berbasis teknologi informasi & komunikasi (ICT) dan bersertifikasi ISO 9001:2015 siap untuk mendukung Bank dan lembaga keuangan non-Bank dalam implementasi BI-FAST. 

PT Murni sendiri sebelumnya telah dipercaya oleh Bank Indonesia (BI) sejak tahun 1990 hingga saat ini sebagai penyedia berbagai sistem pembayaran nasional termasuk SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia).

BI-FAST merupakan bagian dari penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 untuk menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih cepat, mudah, ekonomis, serta dapat dilakukan secara real-time dan 24/7.

Dengan adanya BI-FAST, nasabah juga dapat melakukan online transfer hanya dengan informasi nomor handphone atau alamat email penerima, selain informasi nomor rekening seperti sistem yang berlaku saat ini. 

Mengingat BI-FAST akan diimplementasikan di 2021, Bank sebagai peserta utama wajib mempersiapkan solusi dan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan secepatnya dikarenakan uji coba akan dijalankan di Oktober 2021.

Sebagai penyedia SKNBI yang merupakan critical national payment system with very high availability dan berdampak sistemik, PT Murni memperkenalkan SMARTGATEWAY™ untuk mendukung kesiapan dan kelancaran implementasi BI-FAST bagi setiap peserta, baik Bank mau pun lembaga keuangan non-Bank lainnya. 

Christian Liadinata, CEO PT Murni, menjelaskan nantinya SMARTGATEWAY™ akan berperan sebagai aplikasi penghubung antara sistem BI dengan sistem yang dimiliki masing-masing peserta.

“Dikembangkan sebagai solusi yang fleksibel dan adaptif, penggunaan SMARTGATEWAY™ memastikan implementasi BI-FAST yang lebih cepat, mudah, dan cost-effective dengan tidak diperlukannya modifikasi atau modifikasi yang seminimal mungkin dari sisi peserta,” kata Christian Liadinata melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat 18 Juni 2021.

Selain itu, solusi SMARTGATEWAY™ dapat diintegrasikan dengan mudah ke sistem internal peserta sehingga akan lebih mempersingkat waktu dan proses yang dibutuhkan untuk implementasi BI-FAST.

Sebagai solution provider yang telah berpengalaman selama lebih dari 29 tahun di dunia perbankan Indonesia, PT Murni menyiapkan SMARTGATEWAY™ sebagai solusi yang holistik, aman, dan dapat memberi nilai tambah bagi Bank sehingga solusi ini tidak hanya memfasilitasi BI-FAST, tetapi juga sistem pembayaran digital lain seperti RTGS, bulk payment, dan SWIFT yang telah memenuhi standar pembayaran ISO20022. 

BI-FAST merupakan sistem pembayaran nasional yang critical sehingga pemilihan solution provider (Vendor) yang telah berpengalaman di bidang sistem pembayaran menjadi kunci keberhasilan implementasi bagi peserta. (*) Ari Nugroho

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]