Ekonomi dan Bisnis

Perusahaan BUMN Dituntut Manfaatkan Digital Platform dan Media Sosial, Ini Alasannya

Jakarta – Perkembangan teknologi digital yang pesat, telah merubah signifikan seluruh aspek kehidupan di masyarakat. Menyikapi hal ini, perusahaan pelat merah pun dituntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi. Dimana kehadiran teknologi digital telah mengubah bagaimana cara dan tren berkomunikasi perusahaan terhadap publik.

Seiring perkembangan teknologi terkini, perusahaan BUMN telah bertransformasi ke arah digital, dimana aktivitasnya semakin mengandalkan media berbasis digital, seperti media siber, hingga media sosial. Di era digital yang semakin dinamis, BUMN tidak hanya dituntut mampu menguasai platform digital, tapi juga menjalankan aktivitas dalam memberikan informasi yang lebih kreatif dan inovatif agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Baca juga: Sri Mulyani Usulkan Suntikan Modal untuk BUMN Dipercepat, Apa Alasannya?

Sebagai apresiasi dan pengakuan khusus kepada perusahaan pelat merah yang sukses dalam memanfaatkan platform digital untuk berkomunikasi, menjalin engagement dengan publik guna menciptakan persepsi dan citra positif terhadap perusahaan, sebanyak 10 perusahaan plat merah pun menerima penghargaan Top Digital Corporate Brand Award 2023.

Adapun perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk. untuk kategori BUMN, kemudian PT BNI Life Insurance, PT Micro Madani Institute, PT Pegadaian, PT Bank Syariah Indonesia Tbk., PT PP Properti Tbk., dan PT Phapros Tbk. untuk kategori Subsidiary BUMN, selanjutnya PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Pembangunan Sarana Jaya, dan Perumda PAM Jaya untuk kategori BUMD.

Acara penghargaan yang menggandeng TRAS N CO Indonesia ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja perusahaan pelat merah yang berhasil membangun citra positif dan reputasi perusahaan di ranah digital.

InfoEkonomi sebagai penyelenggara menyoroti arti penting media sosial bagi BUMN, Subsidiary BUMN, dan BUMD sebagai sarana komunikasi dua arah dan “jalan pintas” dalam penyampaian informasi perusahaan. Pasalnya, pemanfaatan digital platform dan media sosial secara tepat dapat mendukung upaya menjaga reputasi perusahaan, khususnya meningkatkan image dan persepsi positif masyarakat.

Baca juga: Bentuk Pansus BUMN Karya Bermasalah, Erick Thohir Bakal Penjarakan Oknum Terkait

“Dengan pondasi corporate brand  yang kokoh di ranah digital merupakan salah satu upaya dalam mendapatkan potensi pasar yang besar dengan hasil optimal secara efektif dan efisien,” ujar CEO InfoEkonomi, Arief Munajad, 14 September 2023.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Kominfo RI Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo menyampaikan, bahwa saat ini arus inovasi teknologi mengalir dengan sangat deras terutama di bidang komunikasi di tengah perkembangan 5G global yang sedang berkontraksi dan memaksa perusahaan BUMN untuk siap menghadapinya. 

“Digital ekonomi di Indonesia yang pada 2021 sebesar USD70 miliar akan bergeser menjadi sebesar USD140 miliar pada 2025, sehingga Indonesia kini tidak hanya ikut dalam arus masyarakat digital dan ekonomi digital saja melainkan juga pemerintah digital,” ungkap Widodo. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

5 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

6 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

12 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

13 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago