Perry Warjiyo Sebut RI Bakal jadi Negara Maju di 2047

Perry Warjiyo Sebut RI Bakal jadi Negara Maju di 2047

Jakarta – Calon Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, menyebut Indonesia diperkirakan mampu menjadi negara maju di tahun 2047.

“Indonesia diperkirakan mampu menjadi negara maju berpendapat tinggi pada tahun 2047,” ucap Perry dalam paparan fit and proper test di Jakarta, 20 Maret 2023.

BI juga akan terus mendukung hal tersebut untuk meningkatkan kapasitas ekonomi, pembangunan infrastruktur, industri dan ekspor, maupun reformasi struktural, digitalisasi, serta sumber daya manusia (SDM).

“Tahun 2025 kami perkirakan pertumbuhan ekonomi bisa naik kembali 4,9-5,7% bahkan bisa lebih tinggi hingga kemudian 2028 5,1-5,9%,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Perry memaparkan inflasi Indonesia juga akan tetap rendah 2,5% plus minus 1%, didukung oleh kenaikan kapasitas produksi nasional dalam memenuhi kenaikan permintaan agregat.

Adapun, prospek lainnya adalah defisit transaksi berjalan tetap terkendali pada tingkat yang rendah, sehingga menopang stabilisasi nilai tukar Rupiah, kenaikan cadangan devisa, dan ketahanan sektor eksternal Indonesia.

“Defisit transaksi berjalan juga akan tetap terkendali demikian juga stabilitas nilai tukar maupun kenaikan cadangan devisa,” ujar Perry. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News