PermataBank Ramal BI Bakal Turunkan Suku Bunga hingga 50 bps Tahun Ini

PermataBank Ramal BI Bakal Turunkan Suku Bunga hingga 50 bps Tahun Ini

Jakarta – PT Bank Permata Tbk atau PermataBank memprediksi Bank Indonesia (BI) pada tahun ini akan melakukan penurunan suku bunga dalam kisaran 25 hingga 50 basis poin (bps).

Chief Economist PermataBank, Josua Pardede, mengatakan penurunan suku bunga BI tersebut akan lebih terbuka jika keputusan The Fed pada tahun ini setidaknya melakukan pemangkasan suku bunga sebanyak 75 hingga 100 bps.

“Namun kami melihat ada potensi penurunan untuk suku bunga BI di tahun ini di dalam kisaran 25 sampai 50 basis point,” ucap Josua dalam PIER Economic Review: Mid-Year secara virtual di Jakarta, 8 Agustus 2024.

Baca juga: Banyak Bank Pasang Suku Bunga Deposito Tinggi, BCA Digital: Arah Kami Tidak ke Sana

Josua menambahkan, BI memang berpeluang untuk menurunkan suku bunga. Namun dalam hal ini, BI kemungkinan besar tidak akan mendahului pemangkasan suku bunga dari The Fed.

“Sehingga pakemnya adalah BI akan melakukan penyesuaian suku bunga atau pemangkas suku bunga, ruangnya itu akan cukup terbuka setelah Fed menurunkan suku bunganya sehingga memang tentunya ini kita akan melihat bagaimana dinamika dan juga asesmen dari Fed di dalam meeting FMOC berikutnya,” imbuhnya.

Baca juga: BI Diramal Bakal Pangkas Suku Bunga 25 Bps di Akhir 2024

Ia menjelaskan berdasarkan data pada terakhir 7 Agustus, pasar melihat peluang The Fed untuk menurunkan suku bunganya akan terjadi pada September sebanyak 50 bps. Kemudian, akan dilanjutkan pada November sekitar 20 bps, dan terakhir di Desember sebanyak 25 bps.

Namun, perkiraan pasar tersebut masih akan bergantung pada perkembangan data-data ekonomi Amerika Serikat (AS) ke depannya. Selain itu, juga melihat hasil politik pemilihan presiden AS yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi AS. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News