Perkuat Business Matching, J Trust Bank Kerja Sama Bareng Kagawa Bank

Perkuat Business Matching, J Trust Bank Kerja Sama Bareng Kagawa Bank

Jakarta – PT Bank J Trust Indonesia Tbk (J Trust Bank) meneken kerja sama bisnis dengan Kagawa Bank Co., Ltd. (Kagawa Bank) asal kota Takamatsu, Prefektur Kagawa, Jepang. Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Fukadai dan Presiden Direktur Kagawa Bank, Michio Yamada

Kerja sama J Trust Bank dan Kagawa Bank ini sebagai bentuk komitmen kedua pihak dalam menyatukan kekuatan dan pengetahuan perbankan berstandar Jepang untuk memenuhi kebutuhan seperti ekspansi bisnis, business matching, dan pembiayaan atas kebutuhan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.

Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Fukadai mengatakan, J Trust Bank dan Kagawa Bank menyadari potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia dikarenakan jumlah penduduk yang besar dan jumlah masyarakat berpendapatan menengah terus meningkat.  

Baca juga: Jurus J Trust Bank Perkuat Mitigasi Perubahan Iklim di Kepulauan Seribu

“Kerja sama ini akan membuka peluang bisnis yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha yang pada akhirnya membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Jepang,” katanya, dikutip Rabu, 12 Juni 2024.

Saat ini, Jepang menghadapi penyusutan ekonomi akibat menurunnya populasi penduduk disertai rendahnya angka kelahiran. Pergeseran demografis ini mempunyai implikasi sosial dan ekonomi yang besar, termasuk melambatnya pertumbuhan ekonomi. 

Hal ini mendorong Kagawa Bank untuk memasuki pasar Indonesia melalui kerja sama dengan J Trust Bank. Melalui agenda kerja business matching tidak sekadar menjadi penghubung kebutuhan J Trust Bank dan Kagawa Bank.

Baca juga: Begini Upaya Bank Mandiri Tekan Emisi Perusahaan

Lebih jauh dari itu, kerja sama ini tentang membentuk hubungan yang saling menguntungkan di dalam ekosistem bisnis J Trust Bank dan Kagawa Bank.

“Kami percaya bahwa kerja sama ini akan berkontribusi dalam menyelesaikan isu-isu lokal seperti adanya kelebihan tenaga kerja di Indonesia di mana di saat yang sama Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja. Pascapandemi Covid-19, kami yakin tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja ke luar negeri (salah satunya untuk bekerja di Jepang) semakin tinggi,” bebernya.

Pihaknya juga percaya dengan memanfaatkan sumber daya secara bijak dan bersama-sama ini akan merevitalisasi ekonomi Jepang dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia.

Kinerja Positif J Trust Bank

J Trust Bank melanjutkan kinerja positif dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp44,02 miliar dalam Laporan Keuangan Kuartal I 2024. 

Katalis dalam peningkatan kinerja tersebut dipicu oleh pertumbuhan kredit bruto sebesar Rp26,10 triliun dari sebelumnya Rp20,05 triliun atau tumbuh 30,15 persen year-on-year (yoy). 

Pada perolehan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh menjadi Rp33,53 triliun dari Rp25,46 triliun atau sebesar 31,69 persen yoy pada posisi kuartal I 2024 dibandingkan Kuartal I 2023.

Portfolio kredit J Trust Bank kuartal I 2024 ditopang dengan rasio NPL yang juga semakin baik. NPL net J Trust Bank berada di level 0,67 persen. 

Adapun pertumbuhan kredit mendorong pendapatan bunga yang tercatat meningkat menjadi Rp724,54 miliar pada kuartal I 2024 dari sebelumnya Rp559,25 miliar pada kuartal I 2023 atau tumbuh 29,56 persen yoy.

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News