Tips & Trick

Periksa Bagian Mobil Ini Setelah Perjalanan Jauh dan Jangan Lupa Asuransi

Jakarta – Mobil yang kerap digunakan dalam perjalanan jauh seperti antar kota atau provinsi tentunya memerlukan perawatan berkala. Apalagi jika frekuensi perjalanan cukup tinggi, perawatan pada mobil juga harus ditingkatkan. Untuk mencegah risiko kerusakan dini, berikut adalah bagian-bagian mobil yang harus anda perhatikan setelah menggunakan mobil dalam perjalanan jarak jauh. 

1. Periksa oli mesin

Mempertahankan performa mobil dalam jangka waktu yang panjang tentunya bakal mengurangi kualitas oli yang digunakan. Untuk itu, jangan lupa untuk mengecek oli mesin mobil anda setelah perjalanan jauh atau liburan luar kota. Pastikan oli mesin anda masih dalam kondisi yang baik dan dalam volume yang sesuai takaran. 

2. Cek ban mobil

Ban mobil adalah salah satu komponen yang melakukan kontak langsung dengan jalan. Sudah sepantasnya anda perlu memeriksa ban mobil yang menjadi salah satu komponen krusial selama perjalanan jauh. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrik. Selain itu, perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil.

3. Cek bagian kolong mobil

Selain ban, rangka mobil lain yang berada di kolong mobil juga wajib menjadi perhatian anda. Setelah memeriksa ban mobil, cek pula bagian-bagian seperti shock absorber dan kondisi selang rem untuk mencegah kebocoran. Kemudian, cek juga kondisi rem mobil dengan melihat kondisi kampas rem atau dinding tromol rem.  

4. Bersihkan kabin dan bagasi

Selain eksterior, kebersihan bagian interior mobil juga perlu diperhatikan. Pastikan anda membersihkan kabin dan bagasi mengingat bagian ini dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang. Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga kebersihan kabin. Anda juga bisa menyemprotkan bahan desinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman yang tersisa di kabin dan bagasi.

Kemudian menjaga mobil dari risiko kerusakan mesin, anda juga bisa memberikan perlindungan tambahan pada mobil anda. Pastikan anda memiliki proteksi asuransi kendaraan untuk meminimalisir dan mencegah kerusakan. Jika belum memilikinya, Tugu Insurance dapat menjadi pilihan bagi anda.

Asuransi Tugu memiliki produk asuransi kendaraan bermotor yakni T-Drive. Produk asuransi ini memberikan ganti rugi terhadap risiko kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan. Selain itu, Tugu Insurance juga sigap melayani nasabahnya dengan layanan bantuan 24 jam, T-Rex  (Tugu Real Experience).

Layanan T-Rex akan memberikan pertolongan pertama pada kendaraan anda saat mengalami masalah di jalan. Layanan ini memberikan penanganan darurat pertama, dimulai dari kejadian ban bocor, jumper aki, hingga kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan di jalan raya. 

Anda tinggal menelpon pelayanan konsumen, “Call TIA” di nomor 1500 458 atau Whatsapp di nomor 081197900100. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi kendaraan dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

28 mins ago

Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Jakarta - Hijra Bank bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk menyalurkan skema pembiayaan syariah… Read More

1 hour ago

Cadangan Devisa RI Turun Tipis jadi USD149,9 Miliar di September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia menurun tipis. Pada akhir September 2024 cadangan… Read More

2 hours ago

Tanggapi Deflasi 5 Bulan Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait penurunan deflasi lima bulan beruntun… Read More

3 hours ago

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

3 hours ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

4 hours ago