Percepat Pemulihan Ekonomi, DPR Minta Himbara Permudah Akses Kredit UMKM

Percepat Pemulihan Ekonomi, DPR Minta Himbara Permudah Akses Kredit UMKM

Jakarta – Komisi VI DPR RI mengapresiasi capaian kinerja perusahaan Bank BUMN atau Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) pada semester-I 2022 yang dinilai berjalan dengan baik di tengah pemulihan ekonomi.

Untuk itu, Komisi VI DPR RI mendorong Himbara mempertahankan dan meningkatkan kinerja perusahaan, agar proyeksi bisnis utama dan kualitas aset dapat tercapai sesuai dengan target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RAKP) 2022.

“Sehingga penerimaan negara melalui pajak serta dividen tahun 2022 dapat meningkat,” ujar Martin Y Manurung, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dalam RDP dengan Himbara, Selasa, 13 September 2022.

Kemudian, Martin meminta Himbara untuk fokus dan terus memberikan dukungan serta kemudahan kepada masyarakat kecil-menengah termasuk sektor UMKM dan ultramikro melalui penyaluran KUR dan kredit stimulus dalam rangkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Himbara harus berkontribusi dalam menjaga inflasi nasional pasca kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) Subsidi demi menjaga momentum dan optimisme perekonomian nasional di tengah peningkatan resesi global,” jelasnya.

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Lebih Cepat Berkat Sinergi Dalam Penanganan Covid-19 

Dari sisi relaksasi dan restukturisasi kredit, Himbara diminta untuk terus melakukannya khususnya bagi nasabah yang terdampak berat pandemi Covid-19 dengan tetap berpedoman pada regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lanjut Martin, dari sisi digitalisasi perbankan, Himbara diminta agar lebih agresif meningkatkan layanan e-channel perbankan yang handal dan nyaman serta memberikan jaminan keamanan bertransaksi bagi nasabahnya di tengah peningkatan potensi cyber crime dan pencurian data. (*) Irawati

Related Posts

News Update

Top News