Categories: Tips & Trick

Pentingnya Tabungan untuk Masa Depan

Jakarta – Seiring kondisi ekonomi yang semakin membaik, pendapatan masyarakat juga semakin meningkat. Naiknya pendapatan ini, tentu saja mesti diikuti oleh perencanaan keuangan yang baik dan matang. Jangan sampai salah langkah sehingga terjadi kesalahan di kemudian hari.

Perencanaan keuangan yang mesti menjadi perhatian adalah menyisihkan sebagian dana untuk ditabung atau diinvestasikan. Dana tabungan bisa menjadi dana darurat, investasi, simpanan, atau bahkan perencanaan masa depan.

Berikut Tips Menyiapkan Masa Depan dengan Tabungan yang Tepat

Pertama Tetapkan Tujuan Menabung

Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa lama dana yang bisa dikumpulkan dan berapa alokasi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan utama dari menabung.

Jika tujuan dan alokasi dana telah ditetapkan dan ditentukan, pertahankan niat menabung dengan rutin disetor ke bank, agar tujuan di masa depan bisa terpenuhi.

Kedua Cari Produk Tabungan yang Sesuai dengan Tujuan

Hal ini perlu dilakukan agar hasil yang ditetapkan dalam menabung sesuai dengan tujuan. Jika tujuan untuk pendidikan anak, maka cari produk-produk tabungan pendidikan di bank.

Hal ini penting dilakukan, karena setiap produk tabungan di bank tentunya ada program yang menguntungkan buat nasabah, mulai gratis biaya administrasi hingga setoran yang murah.

Ketiga Pilih Bank yang Kredibel

Memilih bank yang kredibel wajib dilakukan karena menjadi kunci penting agar uang yang disimpan aman.

Saat ini banyak bank di dalam negri yang punya tingkat kredibel sangat baik. Salah satunya Bank bjb.

Bank bjb saat ini dikelola secara profesional oleh para bankir yang telah makan asam garam di dunia perbankan. Tak hanya itu, bank bjb juga menerapkan good corporate governance (GCG) serta di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). bank bjb menjadi bank peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk memastikan uang nasabah aman.

Saat ini Bank bjb memiliki banyak layanan produk simpanan yang bisa menjadi alternatif pilihan nasabah. Untuk nasabah perorangan, setidaknya ada delapan produk simpanan. Mulai dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), giro, tabungan, deposito, SimPel, Simpeda, Tabunganku, dan bjb SiMuda. (*)

Paulus Yoga

Recent Posts

Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Jakarta - Hijra Bank bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk menyalurkan skema pembiayaan syariah… Read More

7 mins ago

Cadangan Devisa RI Turun Tipis jadi USD149,9 Miliar di September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia menurun tipis. Pada akhir September 2024 cadangan… Read More

36 mins ago

Tanggapi Deflasi 5 Bulan Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait penurunan deflasi lima bulan beruntun… Read More

2 hours ago

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

2 hours ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

3 hours ago

Awal Pekan, IHSG Dibuka pada Zona Hijau ke Level 7.509

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (7/10) Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

3 hours ago